DPRD Ajukan Nama Pj Wali Kota Lubuklinggau, Merismon: Lanjutkan Visi Misi yang Belum Tuntas

DPRD Ajukan Nama Pj Wali Kota Lubuklinggau, Merismon: Lanjutkan Visi Misi yang Belum Tuntas

Pj Wali Kota Lubuklinggau yang diusulkan DPRD Lubuklinggau yakni Sekda Lubuklinggau H Trisko Defriansyah, Sekwan DPRD Lubuklinggau H Imam Senen dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumsel H Ari Narsa JS.--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID -  Masa jabatan Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe dan Wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar akan segera berakhir September 2023.

Selanjutnya tugas mereka akan digantikan oleh Pejabat sementara atau Pj Walikota hingga 2024 mendatang.

DPRD Kota Lubuklinggau mengharapkan siapapun yang nantinya dimandatkan menjadi Pj Wali Kota Lubuklinggau diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Anggota DPRD Lubuklinggau, Merismon mengatakan,"Ada waktu satu tahun untuk mengisi kekosongan pimpinan sebagai Walikota Lubuklinggau,"katanya.

BACA JUGA:Ini 3 Nama PJ Wali Kota Prabumulih yang Diusulkan ke Kemendagri

"Kita berharap waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan visi dan misi walikota yang belum tuntas,"ungkapnya.

Menurutnya, ada banyak visi dan misi walikota yang tidak semuanya dapat diselesaikan dimasa jabatannya.

"Kita harapkan visi misi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat umum yang belum sempat diselesaikan bisa dilanjutkan, salah satunya terkait dengan pemugaran pasar Inpres," harapnya.

Dikatakannya, bangunan Pasar Inpres itu, sudah lama dan sudah mengkhawatirkan karena pasar bersentuhan langsung dengan masyarakat umum, hendaknya itu bisa menjadi program prioritas Pj Walikota nantinya. 

BACA JUGA:Soal Pj Wali Kota Lubuklinggau, Ketua DPRD Sebut Nama ini, Namun Belum Final

Lanjutnya, PJ Walikota bertugas di tahun politik dan tugasnya mengawal jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ini agar berlangsung sukses termasuk juga Pemilihan Legislatif (Pileg) yang agendanya lebih awal dari pilkada.

"Jadi itu, Pj diharapkan melanjutkan visi misi Wali Kota yang belum sempat dituntaskan pada masa jabatannya dan mengawal serta menyukseskan jalannya Pemilu 2024,"jelasnya.

Rabu 9 Agustus 2023 DPRD Lubuklinggau mengajukan nama calon Pj Wali Kota Lubuklinggau ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut usulan dari fraksi-fraksi di DPRD Lubuklinggau muncul 3 nama yang akan diusulkan menjadi Pj Wali Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Diusulkan Gubernur Sumatera Selatan menjadi Pj Wali Kota Lubuklinggau, Begini Tanggapan Ari Narsa

Ketiga nama itu, adalah Sekda Lubuklinggau H Trisko Defriansyah, Sekwan DPRD Lubuklinggau H Imam Senen dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumsel H Ari Narsa JS.

Wakil Ketua DPRD Lubuklinggau Hambali menjelaskan, 3 nama tersebut diusulkan oleh fraksi. Namun nantinya yang diusulkan DPRD Lubuklinggau hanya satu nama.

Seperti diketahui masa jabatan Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe dan wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar akan segera berakhir September 2023.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Wali Kota Lubuklinggau nantinya akan ditunjuk Penjabat (Pj) Wali Kota untuk menjalankan roda pemerintahan.

BACA JUGA:Gubernur Sumatera Selatan Sebut 2 Pejabat Provinsi Diusulkan jadi Pj Wali Kota Lubuklinggau, Sipakah Dia?

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menyebut ada 3 nama kandidat kuat diusulkan untuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau.

Ketiga nama tersebut 2 diantaranya usulan pejabat dari Provinsi Sumatera Selatan, dan 1 pejabat usulan dari DPRD Kota Lubuklinggau.

Untuk 2 pejabat Provinsi Sumatera Selatan yang disebut Gubernur Herman Deru untuk diusulkan menjadi Pj Wali Kota Lubuklinggau yakni H Ari Narsa JS dan H Koimudin. 

Saat ini H Ari Narsa JS menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:DPRD Sumsel Usulkan Pj Gubernur Sumsel, ini Nama-namanya

Sedangkan H Koimudin menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Provinsi Sumatera Selatan.

Sedangkan 1 nama yang diusulan DPRD Kota Lubuklinggau yakni H Trisko Defriansyah yang saat ini menjabat sebagai Sekda Kota Lubukliggau. 

“Ada Ari Narsa, ada Koimudin. untuk Sekda (Trisko Deriansyah) itu yang mengusulkan DPRD,” ucap Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru saat ditanya nama pejabat yang diusulkan menjadi calon Pj Wali Kota Lubuklinggau.

Ketika dikonfirmasi LINGGAUPOS.CO.ID, Ari Narsa JS tidak banyak berkomentar terkait dirnya diusulkan menjadi Pj Wali Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Sapa Kandidat Kuat Pj Wali Kota Lubukliggau? Ini Wajahnya

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Rawas itu hanya memohon doa atas pengajuan dirinya menjadi Pj Wali Kota Lubuklinggau.

"Mohon doanya," ujar Ari Narsa dikonfirmasi, Sabtu, 5 Agustus 2023 saat menghadiri peringatan 40 hari meninggalnya mertua dari mantan Gubernur Bengkulu Dr H Ridwan Mukti.  

Sebelumnya mencuat tiga nama Aparatur Sipil Negara (ASN) warga Kota Lubuklingau yang kini menduduki jabatan strategis di pemerintahan digadang-gadangkan menjadi kandidat kuat calon Penjabat (Pj) Wali Kota.

Mereka adalah Sekda Kota Lubuklinggau H Trisko Defriansyah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Ari Narsa JS dan Kepala Dispora Provinsi Sumsel H Rudi Irawan Ishak.

BACA JUGA:Wujud Peduli Sesama, PWI Musi Rawas Berbagi ke Panti asuhan Madrotillah

Namun informasi terbaru Gubernur Herman Deru menyebutkan 2 nama pejabat Provinsi Sumsel yang diusulkan menjadi calon Pj Wali Kota Lubuklinggau ke Kementerian Dalam Negeri. Dua nama tersebut H Ari Narsa JS dan Koimudin.

Munculnya ketiga nama tersebut sesuai dengan syarat kepangkatan dan kriteria Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe.

Wali Kota dua periode ini menginginkan orang yang menjabat Pj Wali Kota Lubuklinggau meneruskan kepemimpinannya nanti benar-benar faham tentang Kota Lubuklinggau.

Isu 3 pejabat ini menjadi kandidat kuat Pj Wali Kota Lubuklinggau muncul di kalangan pejabat, baik di Pemerintahan Kota Lubuklinggau maupun Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Tabrakan Maut Satria vs Mio di Jalinsum Muratara, 2 Meninggal Dunia

Diketahui masa jabatan Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe dan Wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar akan berakhir pada September 2023 mendatang.

Untuk mengisi kekosongan pimpinan di Pemerintah Kota Lubuklinggau, nantinya akan ditunjuk Penjabat (Pj) Wali Kota yang akan diputuskan Menteri Dalam Negeri.

H Trisko Defrianyah menjadi kandidat kuat Pj Wali Kota Lubuklinggau karena telah mendapat sinyal dari Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe.

Nanan sudah membocorkan salah satu nama yang menurutnya sudah pas dan siap untuk diusulkan menjadi Pj Wali Kota Lubuklinggau yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Lubuklinggau, H Trisko Defriyansyah.

BACA JUGA:Kisah Sedih, Dibalik Lomba Bidar Tradisional di Palembang, Ada Sejarahnya

Secara kepangkatan, mantan Kepala Dinas Perkim Kota Lubuklinggau itu telah memenuhi salah satu syarat untuk menjadi Pj Wali Kota.

Selain itu Trisko merupakan ASN yang lama bertugas di Kota Lubuklinggau, sehingga sangat menguasai wilayah ketika ditunjuk menjadi Pj Wali Kota.

Saat ini menurut Nanan sapaan H SN Prana Putra Sohe ASN yang memenuhi syarat secara kepangkatan hanya H Trisko Defiansyah. 

Kandidat selanjutnya Kepala Dispora Provinsi Sumatera Selatan H Rudi Irawan Ishak.

BACA JUGA:Jumat Berkah, Polisi Polsek Lubuklinggau Utara Bersedekah, Anak Panti Asuhan Tersenyum

Mantan Kepala BKPSDM Kabupaten Musi Rawas itu juga memenuhi syarat secara kepangkatan untuk menjadi calon Pj Wali Kota Lubuklinggau.

Begitupun soal administrasi pemerintahan, Rudi Irawan sangat menguasai karena telah beberapa kali menjadi kepala OPD maupun camat.

Selain itu Rudi Irawan Ishak juga tercatat sebagai warga Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Artinya secara penguasaan wilayah, Ridi Irawan dinilai sangat faham tentang Kota Lubuklinggau.

Kemudian H Ari Narsah JS yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Cek Formasi CPNS dan PPPK 2023, ini Jadwal Pendaftaran dan Syaratnya

Secara kepangkatan sudah pasti mantan Kadishub Kabupaten Musi Rawas ini memenuhi syarat untuk menjadi calon Pj Wali Kota Lubuklinggau.

Selain itu Ari Narsah juga merupakan warga Kota Lubuklinggau yang menguasai wilayah dan pernah menjadi Lurah.

Secara administrasi pemerintahan, Ari Narsa JS juga dinilai sangat mumpuni karena sudah beberapa kali menjadi kepala OPD baik di Sumatera Selatan maupun Provinsi Bengkulu.

Terkait kandidat yang akan diusulkan menjadi calon Pj Wali Kota, Ketua DPRD Lubuklinggau H Rodi Wijaya menjelaskan, akan ada 9 nama kandidat yang diajukan dibahas di masing-masing tingkatan.

BACA JUGA:Apa Lagu yang Bakal Dinyanyikan Putri Ariani di Istana Merdeka Saat 17 Agustus, Simak Bocorannya

Rinciannya 3 nama diajukan Wali Kota Lubuklingau, 3 nama dari  DPRD Kota Lubuklinggau dan 3 nama lagi dari Gubernur Sumatera Selatan.

Khusus untuk 3 nama calon yang akan diusulkan DPRD Kota Lubuklinggau, Rodi mengaku masih akan melakukan rapat pimpinan pada Senin, 31 Juli 2023.

Selain membahas 3 nama yang akan diusulan, para rapat pimpinan nanti, akan disepakati 1 nama calon Pj Wali Kota Lubuklinggau untuk diusulkan ke Gubernur Sumatera Selatan.

Sama halnya dengan Wali Kota Lubuklinggau, Rodi mengaku untuk saat ini ASN hanya Sekda Lubuklinggau yang memenuhi syarat kepangkatan untuk menjadi calon Pj Wali Kota.

BACA JUGA:Guru Rejang Rejang Lebong Minta Pindah Lubuklinggau, Wali Murid Disangkakan Pasal Berlapis

 “Syarat untuk menjadi Pj Wali Kota, pejabat eselon II setingkat Kepala Dinas Provinsi,” tegas Rodi Wjaya, Jumat, 28 Juli 2023. 

Sebelumnya, Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe berharap sosok Pj Wali Kota yang akan menggantikannya nanti, orang yang betyl-betul faham tentang Lubuklinggau.

Menurut Nanan bila yang menjadi penjabat kedepan adalah orang baru, masih harus belajar menguasai teritorial mau pun belajar karakter ASN dilingkungan Pemkot Lubuklinggau.

"Kita harap dari internal, masak harus dari luar, masak harus belajar dulu, ini siapa (ASN) karakternya bagaimana," ucapnya.

BACA JUGA:Guru Korban Penganiayaan Minta Pindah ke Lubuklinggau, PGRI Rejang Lebong Harapkan Pemerintah Bantu Pengobatan

Lain halnya kata Nanan, bila diambil dari orang dalam yang jadi penjabatnya, setidaknya sudah punya modal faham karakter masyarakat, dan karakter ASN-nya sehingga bisa bekerja dengan baik.

"Bila penjabat yang baru ini sudah mengerti Lubuklinggau langsung dapat melanjutkan apa yang telah kita lakukan saat ini," ungkapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: