Simak Yuk Cara Mencegahnya! Waspada Alergi Dingin Menyerang Si Kecil Selama Musim Hujan

Simak Yuk Cara Mencegahnya! Waspada Alergi Dingin Menyerang Si Kecil Selama Musim Hujan

Gejala alergi dingin umumnya muncul setelah kulit terpapar suhu dingin selama beberapa menit, baik udara, air, atau benda yang dingin seperti es.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Musim hujan belum hentinya mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Akibatnya, cuaca menjadi lebih dingin dari biasanya. Cuaca seperti ini pasti mengkhawatirkan apalagi bagi Moms yang punya si kecil dengan alergi dingin.

Sebab, jika anak terkena alergi maka reaksi peradangan akan muncul meliputi bersin, sakit tenggorokan, pilek, mata gatal, hingga keluar bintik merah di kulit. Akibatnya, si kecil menjadi rewel karena tidak nyaman menahan rasa sakit.

Gejala alergi dingin umumnya muncul setelah kulit terpapar suhu dingin selama beberapa menit, baik udara, air, atau benda yang dingin seperti es. Selain itu, kondisi ini juga lebih berisiko muncul saat kondisi udara berangin dan lembap.

Berikut ini adalah beberapa gejala dan tanda alergi dingin yang mungkin dialami anak:

  • Kulit terasa gatal dan muncul bentol atau biduran pada bagian tubuh yang terkena suhu dingin
  • Tangan menjadi bengkak setelah memegang objek dingin
  • Muncul bercak kemerahan di kulit
  • Bibir dan tenggorokan menjadi bengkak setelah mengonsumsi makanan atau minuman dingin

BACA JUGA:Prediksi PSS Slemann vs Bhayangkara FC: Super Elja Kian Terpuruk?

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena dengan mengenali gejala dan cara pencegahannya, Si Kecil bisa terhindar dari alergi dingin.

Alergi dingin pada anak merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap suhu dingin yang menyebabkan munculnya gejala berupa kemerahan, bengkak, dan rasa gatal pada kulit di bagian tubuh tertentu.

Meski kondisi ini diduga berkaitan dengan faktor keturunan dan infeksi virus, tetapi penyebab tubuh bereaksi terhadap suhu dingin masih belum diketahui secara pasti.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sejatinya tidak diketahui secara pasti apa penyebab alergi suhu dingin. Namun, sel kulit yang sangat sensitif karena genetik, virus, atau penyakit mungkin bisa memicunya.

BACA JUGA:Piala Asia U-20 2023: 3 Skenario Timnas Indonesia U-20 Lolos 8 Besar 

Umumnya gejala alergi dingin mulai muncul setelah kulit terpapar suhu dingin, baik udara, air, atau benda dingin, dalam kurun waktu tertentu. Kendati demikian, alergi dingin pada anak bisa Moms cegah. Berikut caranya.. 

Cara Mencegah Alergi Dingin

1. Jaga Tubuh Anak Tetap Hangat

Melansir dari Healthline, saat memasuki musim dingin, pastikan tubuh anak tetap hangat ya, Moms. Kenakan pakaian hangat, seperi jaket selama cuaca dingin, Pastokan suhu dingin tidak langsung mengekspos kulit anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: