Simak Yuk Cara Mencegahnya! Waspada Alergi Dingin Menyerang Si Kecil Selama Musim Hujan

Simak Yuk Cara Mencegahnya! Waspada Alergi Dingin Menyerang Si Kecil Selama Musim Hujan

Gejala alergi dingin umumnya muncul setelah kulit terpapar suhu dingin selama beberapa menit, baik udara, air, atau benda yang dingin seperti es.-instagram.com-

2. Perhatikan Suhu Air

Moms, sebelum anak mandi, baiknya uji suhu air terlebih dahulu. Pastikan anak mandi dengan air hangat agar tidak timbul gejala alergi dingin. 

3. Hindari Konsumsi Asupan Dingin

Tak hanya dari luar, alergi dingin perlu dicegah dari dalam. Jangan biarkan si kecil makan atau minum yang bersuhu dingin, seperti es krim atau suguhan beku lainnya. 

BACA JUGA:German Open 2023: Kapan dan Tayang TV Apa?

Cara Mengobati Alergi Dingin

Pengobatan alergi dingin lebih ditujukan untuk meredakan gejala yang muncul dan mencegah supaya gejala tidak datang kembali di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk meredakan maupun mencegah munculnya gejala alergi dingin pada anak:

1. Antihistamin

Antihistamin merupakan jenis obat yang umum digunakan untuk meredakan gejala alergi, termasuk alergi dingin. Obat ini bekerja dengan cara mencegah zat histamin memicu reaksi alergi di dalam tubuh.

Beberapa jenis obat yang termasuk antihistamin, meliputi chlorpheniramine, loratadine, cetirizine, dan desloratadine.

2. Antagonis leukotrien

Leukotrien merupakan zat yang turut berperan dalam memicu munculnya gejala alergi dan serangan asma. Meski obat ini biasa digunakan untuk mengobati asma, tetapi antagonis leukotrien juga bisa diberikan kepada penderita alergi dingin guna mengurangi gejala alergi yang muncul.

BACA JUGA:MotoGP 2023: DiMulai GP Portugal 26 Maret, Live Trans7

3. Antidepresan

Obat golongan antidepresan umumnya diberikan kepada penderita gangguan kecemasan dan depresi. Namun, pada kasus alergi dingin yang tidak dapat membaik dengan pengobatan lain, obat antidepresan juga bisa diberikan untuk membantu meredakan gejala alergi dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: