Simak Yuk Cara Mencegahnya! Waspada Alergi Dingin Menyerang Si Kecil Selama Musim Hujan

Simak Yuk Cara Mencegahnya! Waspada Alergi Dingin Menyerang Si Kecil Selama Musim Hujan

Gejala alergi dingin umumnya muncul setelah kulit terpapar suhu dingin selama beberapa menit, baik udara, air, atau benda yang dingin seperti es.-instagram.com-

4. Kortikosteroid

Obat ini ini bekerja dengan cara menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mengurangi gejala alergi.

Kortikosteroid biasanya diberikan hanya dalam waktu singkat, sebab pemakaian dalam jangka panjang dapat menyebabkan munculnya efek samping yang berat, seperti glaukoma, pengeroposan tulang, dan daya tahan tubuh melemah.

5. Bedak kocok calamine

Bedak kocok calamine dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal dan tidak nyaman yang disebabkan oleh alergi dingin. Untuk menggunakannya, oleskan losion calamine pada area kulit yang terpapar udara dingin.

BACA JUGA:Liga 1 2023-2024: Ada Perubahan Nama Kompetisi, Begini Opsi Sistemnya

BACA JUGA:WorldSBK 2023: Alvaro Pimpin Klasemen Sementara, Ungkap Trik Kuasai Race 2

Penggunaan obat-obatan untuk meredakan gejala alergi dingin perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak, tingkat keparahan gejala yang muncul, dan indikasi medis sesuai hasil pemeriksaan dokter.

Pada kasus tertentu, dokter juga akan menyarankan terapi desensitisasi untuk mengobati alergi, termasuk alergi dingin.

Cara pencegahan di atas hanya dapat menjauhkan anak dari gejala alergi dingin. Namun, bila gejala alergi dingin pada anak sering kambuh atau jika gejala alergi yang dialami anak cukup berat, seperti sesak napas atau bahkan pingsan, segera bawa anak ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: