Tol Muara Enim ke Lubuklinggau Terancam Batal

Tol Muara Enim ke Lubuklinggau Terancam Batal

Rual Tol Palembang Betung. Sementara itu pembangunan Tol Muara Enim ke Lubuklinggau terancam batal--

BACA JUGA:11 Jalan Tol Dibuka Saat Natal dan Tahun Baru 2023, Termasuk Tol Lubuklinggau – Curup Bengkulu Seksi 3

Tapi dia berharap, untuk mempercepat waktu tempuh ke Palembang, agar pemerintah provinsi segera melakukan penyelesaian jalan SP 9 Musi Rawas menuju Kabupaten PALI. Kemudian penyelesaian tol Prabumulih ke Palembang.

Kalau yang diharapan ini terealisasi makan Lubuklinggau ke Palembang yang selama ini 7-8 jam bisa ditempuh lebih cepat.

“Kalau selesai semua, prediksi waktu tempuh hanya 4 jam sampai ke Palembang,” pungkasnya.

Untuk kelanjutan ruas tol Lubuklinggau – Bengkulu belum masuk prioritas. Secara umum, pengerjaan JTSS dibagi empat tahap. 

BACA JUGA:Hari ini Tol Lubuklinggau – Curup Bengkulu Seksi 3 Dibuka

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo menjelaskan, saat ini HK masih fokus penyelesaian 8 ruas tol tahap 1.

Mana saja?  Ada Tol Sigli–Banda Aceh, Indrapura–Kisaran, Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat. Kemudian Indralaya–Muara Enim, Padang – Sicincin, Pekanbaru– Pangkalan,  Bengkulu–Taba Penanjung dan Binjai–Langsa.

“Pengerjaan tol Lubuklinggau – Bengkulu nantinya baru akan dilanjutkan pada tahap 4 pembangunan JTTS,” ujar Tjahjo. Begitu juga dengan pengerjaan ruas Prabumulih – Muara Enim.

Khusus tol Indralaya – Prabumulih progres pembebasan lahannya sudah mencapai 96 persen. Untuk konstruksinya sekitar 85 persen. Ruas ini direncanakan selesai dan beroperasi pada Maret 2023.

BACA JUGA:Cara Buat Link WhatsApp dengan Teks dan Isi Pesan Tanpa Aplikasi

Capaian ini terungkap saat Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan bersama Forkopimda melakukan pengecekan di wilayah Kecamatan Kelekar dan Muara Belida hingga exit tol Indralaya Ogan Ilir, akhir Desember 2022 lalu.

Menurut Site Operation Manager STA 37 PT HK selaku kontraktor jalan tol Indralaya-Prabumulih, Ismail, ruas Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 km (sesi 1) melintasi dua wilayah di Muara Enim yakni Kecamatan Kelekar dan Belide Darat.

Di Kelekar sepanjang 4,7 Km, melintasi Desa Suban. Sedangkan di Kecamatan Belide Darat sepanjang 4,6 Km melintasi Desa Tanjung Tiga, Desa Ibul dan Desa Gaung Asam.

Untuk tahun ini, HK menerima penyertaan modal negara (PMN) Rp28,9 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan ruas  JTTS tahap 1 serta memulai beberapa ruas JTTS tahap 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumateraekspres.bacakoran.co