Siap-siap Diskon Tarif Tol! Jangan Lupa Pulang Waktu Ini, Catat Rute dan Tanggalnya

Siap-siap Diskon Tarif Tol! Jangan Lupa Pulang Waktu Ini, Catat Rute dan Tanggalnya

Tarif Tol.--Instagram @infipop.id

LINGGAUPOS.CO.ID - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mengimbau seluruh masyarakat yang saat ini masih berada di kampung halamannya untuk dapat mengatur waktu perjalanan pulang. 

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Sabtu, 13 April 2024, Jasa Marga sendri sudah memprediksi puncak arus balik 2024 yang mana terjadi pada H+4 Lebaran Idul Fitri atau pada Senin, 15 April 2024.

Menurut informasi, jumlah kendaraan di empat gerbang tol utama diperkirakan mencapai hingga 296 ribu kendaraan. 

Yang mana, jumlah tersebut naik hingga 11,7 persen terhadap Puncak Balik Lebaran 2023 atau sekitar 265 ribu kendaraan atau naik 127,8 persen terhadap normal (130 ribu kendaraan). 

BACA JUGA:Lubuk Linggau Terbanyak Kedua Mudik Idul Fitri Pakai Kereta Api, Bagasi Melebihi Ketentuan Dikenakan Biaya

"Untuk masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu, dapat menggeser perjalanan kembali ke Jabotabek pada periode Rabu-Jumat (17-19 April 2024) untuk perjalanan yang lebih nyaman, sekaligus dapat memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 20%," kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur. 

Lebih lanjut, Subakti menjelaskan diskon tarif tol ini akan berlaku mulai pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga pada Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk tarif Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta. 

Menjadi catatan, hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju ke GT Cikampek Utama. 

"Adapun untuk besaran potongan tarif tol 20% untuk kendaraan golongan I yang semula membayar Rp421.500 menjadi Rp337.200," ujarnya.

BACA JUGA:Catat, Inilah 5 Daftar Waktu Puasa yang Diharamkan dalam Ajaran Islam

Adapun syarat diskon dari tarif tol 20 persen ini, Marga Faiza Riani selaku Marketing and Communications Departement Head Jasa Marga menambahkan diskon tarif  tol 20 persen ini untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus. 

Yang mana bagi penggunaan jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tapi out di GT Cikampek Utama. 

Ia menambahkan bahwa hanya berlaku apabila transaksi dilakukan dengan memakai uang elektronik (e-toll) untuk semua golongan kendaraan. 

"Potongan tarif tidak berlaku jika transaksi dengan saldo e-toll tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan. Untuk itu sebelum memulai perjalanan, pastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama untuk menghindari antrean di gerbang tol," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: