Jokowi Bertemu Zelenskyy, Pertemuannya Sangat Singkat

Jokowi Bertemu Zelenskyy, Pertemuannya Sangat Singkat

Ia mendapatkan momen itu. Namun sebelum beristirahat di Hotel, Jokowi ternyata sudah berkeliling dengan rombongan yang sangat terbatas. 

BACA JUGA:Jelang Kunjungan Jokowi, Rusia Bombardir Kiev, Budiman Kaget

Jokowi mengunjungi apartemen Lipky di Irpin didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dari foto-foto yang diunggah Biro Setpres RI, Jokowi tampak sangat sedih. Wajahnya murung ketika melihat puing-puing apartemen hancur terkena serangan rudal Rusia.

Sambil jalan kaki, Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich menerangkan situasi yang terjadi. Jokowi mengatakan ia sangat sedih setelah berkeliling Irpin. Kota itu dihujani rudal selama lima hari di awal invasi. Banyak korban sipil berjatuhan. 

“Sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” kata Jokowi dari rilis Biro Setpres RI.

BACA JUGA:Perang Tak Hanya di Darat, Laut dan Udara, Juga Berseteru di Medsos

Seusai dari Kiev, rombongan langsung menuju ke Kiev. Budi pun ikut ke tenggara sambil menunggu konferensi pers di Istana Negara Ukraina. 

Sebelum pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Iriana menyerahkan bantuan obat-obatan ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev.


Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berada di depan Apartemen Lipky di kota Irpin. Mereka didampingi Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin. -Setpres RI-

“Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang ditempati korban dari peperangan,” ucap Iriana setelah menyerahkan bantuan.

Setelah itu, komunikasi dengan Budi sempat terputus. Sepertinya ia sudah di istana. Tempatnya sama dengan lokasi pertemuan Presiden Prancis Emmanuel Macron 21 Juni 2022 lalu. 

BACA JUGA:Jokowi Mau ke Kiev, Budi Ambil Keputusan Nekat

Budi akhirnya mengirim foto pertamanya pukul 20.55 WIB. Di Ukraina masih pukul 16.55. Baru masuk waktu salat asar. Di Ukraina matahari tenggelam pukul 21.17.

Presiden Jokowi menjabat tangan Zelenskyy di dalam istana. Nampak bendera super besar Indonesia dan Ukraina disandingkan di belakang podium. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway