Jokowi Mau ke Kiev, Budi Ambil Keputusan Nekat

Jokowi Mau ke Kiev, Budi Ambil Keputusan Nekat

LINGGAUPOS.CO.ID - Budi mengambil keputusan nekat untuk kembali di Kiev demi meliput kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menempuh 9 jam perjalanan dari Odessa, Kamis, 23 Juni 2022.

Sehari, sebelumnya ia membaca kabar bahwa mobil yang ditumpangi jurnalis Jerman ditembaki prajurit Rusia di jalan tol. Budi juga lewat tol.


Budi mengunjungi kuburan massal di Kiev, Jumat 24 Juni 2022. Sambil menunggu kedatangan Presiden Jokowi, ia keliling ibukota.-Bud Wichers/Harian Disway-

Pikiran Bud Wichers benar-benar kalut Kamis, 23 Juni 2022. Kontributor Harian Disway di Ukraina itu berada dalam situasi dilematis.

Presiden Joko Widodo tiba-tiba memutuskan berkunjung ke ibu kota Ukraina, Kiev. Budi baru saja sana. Dalam batinnya: kok, tidak dari kemarin-kemarin diumumkan?

Budi telanjur menempuh perjalanan jauh ke Odessa, di ujung selatan Ukraina. Dari kota pelabuhan itu, ia berencana langsung pulang tanpa mampir dulu ke Kiev. Ia sudah terlalu sering ke ibu kota.

Rute yang direncanakan adalah Odessa langsung ke Lviv. Baru setelah itu ia masuk ke perbatasan Polandia dan pulang ke Belanda naik bus.

Tiket pesawat untuk kembali ke Surabaya sudah dibeli jauh hari. Kalau sesuai rencana, ia sudah tiba di Surabaya 7 Juli nanti.

Budi memang harus kembali ke Surabaya untuk meneruskan misi pencarian orang tua kandung. Ia terpisah dari ibu bapaknya di usia enam bulan.

Pada tahun 70-an sebanyak 3 ribu bayi asal Indonesia diadopsi secara ilegal ke Eropa. Mayoritas ke Belanda. Budi adalah salah satunya.

Namanya saat lahir adalah Budiman. Nama di paspor: Budiman Philippus. Setelah diangkat anak oleh Han dan Gerrie Wichers, ia dipanggil Bud Wichers.

Budi tak mungkin menunda kepulangannya ke Surabaya. Ia sudah telanjur beli tiket pesawat. Jika harus membeli tiket baru harganya sangat fantastis.

Tiket ekonomi paling murah pakai Garuda: Rp 46 Juta. Sedangkan tiket ekonomi paling mahal, Etihad: Rp 82 juta.

Harganya menggila karena bertepatan dengan libur musim panas Eropa. Kondisi itu diperparah dengan kenaikan harga avtur.

Akomodasi yang disiapkan untuk liputan di Ukraina sebenarnya hanya cukup untuk dua hingga tiga pekan.

Budi sudah tiga pekan lebih di Ukraina. Jika menunggu Presiden Jokowi datang, liputannya bisa sampai sebulan. Atau bisa lebih dari itu jika kunjungan Jokowi ditunda.

Di sisi lain, perjalanan menuju ke Kiev sangat berbahaya. Sehari sebelum pengumuman Presiden Jokowi ke Ukraina, Budi membaca kabar mengejutkan. Jurnalis Jerman nyaris tewas di kota Lisichansk di timur Odessa.

“The highway is likely to be the most dangerous in Ukraine. Russians are continuously shelling it, as it is the only road running from the city (Jalan bebas hambatan sepertinya menjadi area paling berbahaya di Ukraina. Rusia terus menembaki tempat itu, karena itu adalah satu-satunya jalan ke luar dari kota itu, Red)” tulis Budi lewat pesan WhatsApp.

Kalimat itu ia kutip dari berita ukrinform.net. Yang mengucapkannya adalah Reporter BILD asal Jerman Paul Runzheimer. 

Paul selamat dari serangan Rusia itu. Jalan tol sangat sepi. Mobilnya melaju sendiri. Ia sempat mendengar empat tembakan jatuh beberapa meter di depan mobilnya. Tak lama kemudian terjadi tembakan lagi yang membuat jendela pecah.

Paul bersembunyi di kursi belakang mobil. Budi sempat menceritakan bahwa yang ditembaki adalah dua jurnalis Jerman. Setelah mereka membuat pernyataan resmi, ternyata ada tiga orang wartawan di sana.


Paul Runzheimer berlindung di kursi belakang mobilnya.-BILD-

Paul ditemani fotografer Giorgos Motavis dan reporter Vadim Moiseenko. Mereka memacu mobil secepat mungkin di jalan tanah.

Terpaksa keluar jalur. Debu beterbangan. Mereka tak bisa melihat apa pun. “Ini adalah jalan menuju neraka,” kata Paul.

Mereka masih mendengar tembakan dari jarak jauh. Setelah setengah jam, mobil berhasil keluar dari jalan yang sedang diserang oleh tentara Rusia itu.

Seusai lolos dari lubang maut, ketiga jurnalis itu saling berpelukan. Mereka bersyukur masih diberi kesempatan hidup.

Seorang reporter Prancis dibunuh di jalan itu beberapa pekan sebelumnya. Sejauh ini sudah ada 20 wartawan tewas dalam invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari 2022 itu.

Budi jadi terbayang-bayang kejadian itu. Ia bisa bernasib sama seperti mereka. Diserang di jalan tol. Rusia memiliki prajurit sniper andal. Juga helikopter dan pesawat tanpa awak yang bisa menyerang kapan saja.

Agar lebih aman ia menghindari jalan utama. Ia cari jalur alternatif yang lebih lama. Normalnya perjalanan dari Odessa ke Ukraina ditempuh selama 5 jam.

Dengan menempuh jalur alternatif itu, durasi perjalanan molor jadi 9 jam.

Pukul 23.37 WIB, Budi mengirim video dari balik jendela mobilnya. Ia bersyukur tidak ada kejadian membahayakan selama perjalanan.  “Aku sudah tiba di Kiev,” katanya.


Budi mengirimkan video begitu sampai di pusat kota Odessa, Kamis, 24 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

Kini Budi tinggal menunggu jadwal kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kiev. Menurut informasi yang beredar di Ukraina, Jokowi bakal ke Kiev pada 28 Juni.

Mr. President Jokowi, Welcome to Kiev. I will be happy to show you around (Pak Presiden Jokowi, selamat datang di Kiev. Aku akan sangat senang mengantarmu berkeliling, Red),” ujar fotografer dengan pengalaman 20 tahun di medan perang itu. (Harian Disway)

Mengurus Akses Liputan Kunjungan Presiden Jokowi, baca edisi Senin, 27 Juni 202

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway