Jelang Kunjungan Jokowi, Rusia Bombardir Kiev, Budiman Kaget

Jelang Kunjungan Jokowi, Rusia Bombardir Kiev, Budiman Kaget

 

LINGGAUPOS.CO.ID – Jelang kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke ibu kota Ukraina, Kiev, yang tenang kembali memanas, Minggu, 26 Juni 2022. Rudal jelajah Rusia menghantam apartemen dan taman kanak-kanak di distrik Shevchenkivskyi.

 

Kontributor Harian Disway, Bud Wichers alias Budiman yang menunggu kehadiran Presiden Jokowi di Kiev melihat kengerian di lokasi ledakan.

 

Seperti diketahui, Joko Widodo beserta ibu Iriana Joko Widodo berangkat ke Munich, Jerman, Minggu, 26 Juni 2022.

 

Mereka akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang digelar hingga 28 Juni 2022. Usai dari sana, Jokowi dijadwalkan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

BACA JUGA: Jokowi Mau ke Kiev, Budi Ambil Keputusan Nekat

 

Indonesia diundang sebagai negara mitra G7, sekaligus pemegang presidensi G20 di Bali, Oktober mendatang.

 

“Pagi hari ini saya dan rombongan terbatas akan berangkat untuk berkunjung ke beberapa negara. Pertama akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7. Kita di sini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai Ketua Presidensi G20,” kata Jokowi sebelum pesawat lepas landas.


Rudal jelajah melubangi halaman salah satu TK di distrik Shevchenkivskyi, Kiev, kemarin, 26 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

 

Dalam keterangan resmi itu, Jokowi mengatakan, bakal mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina.

 

Juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, yang sedang melanda dunia.

BACA JUGA: Jokowi Bakal Kunjungi Kiev, Ukraina, Budi Sudah Menunggu

 

Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan menggunakan Garuda Indonesia (GIA-1) pukul 10.36 WIB.

 

Mereka menempuh penerbangan menuju Munich selama 13,5 jam dan diperkirakan akan tiba di Munich International Airport pada pukul 19.00 waktu setempat.



Presiden Jokowi disambut WNI di Munich saat tiba di hotel, Senin, 27 Juni 2022.-Twitter @jokowi-

 

Selain ibu negara, Jokowi juga mengajak Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, serta Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

Harian Disway sudah berupaya mengontak Bey Machmudin sejak Sabtu, 25 Juni 2022. Kami sampaikan bahwa Budiman, nama asli Bud Wichers sudah di Kiev, menunggu kehadiran Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Perang Tak Hanya di Darat, Laut dan Udara, Juga Berseteru di Medsos

 

Ia sudah menunda kepulangannya agar bisa meliput peristiwa bersejarah itu. Inilah kunjungan pertama presiden asal Asia di medan pertempuran Ukraina. Sayangnya, pesan yang kami kirimkan hanya dibaca, belum dibalas hingga tadi malam.

 

Jika tidak bisa mendapat akses liputan ke Presiden Joko Widodo, Budi sudah menyiapkan cara lain. Ia mengirim email ke Kantor Kepresidenan Ukraina. Ia jelaskan bahwa dirinya adalah jurnalis kelahiran Indonesia untuk Harian Disway.

Surat penugasan yang kami buat dari Surabaya ia lampirkan. Tak disangka, email dibalas tak lama setelah dikirim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway