Jokowi Bertemu Zelenskyy, Pertemuannya Sangat Singkat

Jokowi Bertemu Zelenskyy, Pertemuannya Sangat Singkat

LINGGAUPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Budi yang mewakili Harian Disway di Kiev, ikut meliput pertemuan tersebut, Rabu (29/6/2022).

Kepala Biro Pers Kepresidenan Ukraina sudah memberi akses untuk Budi yang mewakili Harian Disway di Kiev. Tiket meliput pertemuan Presiden Jokowi dan Zelenskyy sudah di tangan. 

Namun, Budi tak mau menunggu kedatangan Jokowi yang tiba sore hari. Budi nyanggong (menunggu) tiga jam di stasiun Irpin karena ia tahu Jokowi bakal melihat kota yang sudah hancur itu.

Budi sudah bangun sejak pagi di Kiev. Ia bersiap-siap menuju kota Irpin tak lama setelah matahari terbit, pukul 06.00 waktu Ukraina. 

BACA JUGA:Naik Kereta Api Presiden Jokowi Tiba di Kiev

Ia menempuh perjalanan selama 30 menit ke barat sambil menunggu rombongan Jokowi tiba di stasiun utama Irpin.

Setelah tiga jam menunggu di Ukraina, Budi menyadari sesuatu. Rombongan Jokowi ternyata tidak mampir di stasiun yang ia datangi. 

It’s not going so well. They drop President Jokowi at an earlier train station. And now they are heading somewhere i don’t know (Rencana liputan tidak berjalan mulus. Mereka menurunkan Presiden Jokowi di stasiun sebelumnya. Dan sekarang mereka menuju ke suatu tempat yang saya tidak tahu, Red)” katanya dengan nada kesal.

Kalau sudah begitu, ia harus kembali ke Kiev. Harapan satu-satunya bertemu Presiden Jokowi di Ukraina adalah lewat konferensi pers.

BACA JUGA:Jadwal Jokowi ke Kiev Belum Pasti, Paspampres Sudah Tiba

Budi kembali mengirim pesan suara. Terpaut 17 menit dari pesan suara pertama. Kali ini nadanya lebih riang. 

“Right now I’m in front of his hotel (Sekarang aku berada di depan hotel Presiden Jokowi),” ucap jurnalis kelahiran Indonesia yang diadopsi pasangan Belanda itu.


Pengawalan ketat anggota Paspampres ketika Presiden Joko Widodo meninggalkan apartemennya di Irpin, Rabu, 29 Juni 2022.-Bud Wichers untuk Harian Disway-

Jurnalis tak boleh mendekat. Budi menyiapkan lensa panjangnya untuk memotret Jokowi saat keluar hotel dan hendak masuk ke mobilnya. 

Sumber: harian disway