Ketahui 3 Waktu Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan, Jangan Dilewatkan

Ketahui 3 Waktu Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan, Jangan Dilewatkan

Ketahui 3 Waktu Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan, Jangan Dilewatkan--Pixabay.com

BACA JUGA:Hati-Hati Hindari Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Ketika Buka Puasa, Begini Resikonya

Pertama, waktu sahur menjadi waktu berdoa di bulan Ramadan yang dipercaya mudah dikabulkan oleh Allah.

Umat islam melakukan sahur di waktu sepertiga malam, sepertiga malam ini dinilai sebagai waktu yang baik dan disenangi oleh Allah.

Oleh karena itu, bagi orang yang bangun tidur, kemudian ia berdoa di waktu tersebut maka Allah akan menerima dan mengabulkan doanya.

Sebagaimana dalam sebuah hadits, Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya.

BACA JUGA:Peringatan dari Polda Metro Larang SOTR Hingga Main Petasan Selama Ramadan 2024

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, maka akan Aku ampuni’,” (HR. Bukhari, no 1145 dan Muslim no 758).

Selain itu, doa di sepertiga malam juga dijelaskan oleh Ibnu Hajar, dalam hadits di atas, Ibnu Hajar berkata, “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan,” (Fath Al-Bari, 3:32).

2. Saat Berpuasa

Selanjutnya, waktu mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadan adalah saat sedang berpuasa. Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi Muhammad bersabda, yang artinya.

BACA JUGA:Kawalpemilu Sebut Prabowo-Gibran Menang Pilpres Tanpa Ada Kecurangan

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Selain itu, Imam Nawawi rahimahullah juga menyebutkan, 

“Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’ 6:273).

3. Disaat Berbuka Puasa 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: