Seorang Muslim Harus Tahu, Ini Doa Penghujung Ramadan yang Dilafalkan oleh Rasulullah

Seorang Muslim Harus Tahu, Ini Doa Penghujung Ramadan yang Dilafalkan oleh Rasulullah

Seorang Muslim Harus Tahu, Ini Doa Penghujung Ramadan yang Dilafalkan oleh Rasulullah--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Berikut ini adalah doa penghujung Ramadan yang dilafalkan oleh Rasulullah SAW, yuk simak. Sebagai seorang muslim harus tahu ini.

Sudah memasuki h-7 hari menjelang hari raya idul fitri 1445, yang juga sebagai pertanda bahwa bulan suci Ramadan 2024 akan segera berakhir.

Di penghujung bulan Ramadan nanti umat muslim akan berjumpa pada hari kemenangan yang disebut dengan hari raya idul fitri 1445 Hijriah atau lebaran.

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan menjelang penghujung Ramadan adalah doa. Sebab ada doa yang dilafalkan oleh rasulullah saat penghujung Ramadan.

BACA JUGA:INFO MUDIK 2024, Kapolres Musi Rawas Tak Sarankan Pemudik Lintasi Jalur Musi Rawas – PALI

Sebagaimana dalam sebuah riwayat, Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk membaca doa pada akhir Ramadan.

Doa tersebut dianjurkan untuk dibaca karena penghujung Ramadan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk mengirimkan doa kepada Allah SWT.

Disamping itu, hari-hari akhir Ramadan juga memiliki keutamaan dan keistimewaannya sendiri yang membedakannya dengan awal dan tengah Ramadan.

Rasulullah sendiri menyambut penghujung bulan Ramadan dengan harapan-harapan baik, Nabi Muhammad mengucapkan syukur dan pengharapan kepada Allah SWT untuk dapat berjumpa kembali pada bulan penuh pengampunan pada tahun berikutnya.

BACA JUGA:Perputaran Ekonomi Bisa Capai Rp276,11 Triliun Saat Mudik Lebaran, Simak Penjelasannya

Bahkan, seperti dilansir dari laman Kemenag, dikatakan bahwa Rasulullah meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir Ramadan karena memiliki keutamaan yang berbeda dari hari-hari biasanya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits, yaitu, “Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut.” (HR Muslim).

Doa Akhir Ramadan yang Dilafalkan Rasulullah SAW

Doa akhir Ramadan sesuai dengan sunnah Rasululah SAW disebutkan dalam sebuah hadis yang dikisahkan oleh Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa yang artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: