Lintasan Huruf S Mudahkan Ujian Praktik SIM, Sejumlah Daerah Mulai Pakai Materi Uji Praktik yang Baru

Lintasan Huruf S Mudahkan Ujian Praktik SIM, Sejumlah Daerah Mulai Pakai Materi Uji Praktik yang Baru

lintasan Huruf S, ujian praktik SIM C di Boyolali-NTMC Polri---

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Korlantas Polri akhirnya mengubah kebijakan ujian praktek Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pengendara sepeda motor di Indonesia.

Selain lintasan ujian praktek SIM, Korlantas Polri juga membuat sejumlah terobosan salah satunya dalam ujian teori yang kini menggunakan teknologi animasi.

Lintasan uji praktek SIM ini akan diterapkan di Polres-polres pada Senin 7 Agustus 2023.

Adapun kebijakan Korlantas Polri yakni tidak lagi menerapkan rintangan angka 8 dan zig-zag melainkan menggunakan rintangan huruf S pada jalur yang akan dijadikan ujian praktek SIM.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Ini 13 Gerbang Tol Jagorawi, Tol Pertama di Indonesia, Miliki 4 Simpang Susun

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), secara resmi menghapus lintasan berbentuk zig-zag dan angka 8 dalam ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C.

Untuk mempermudah calon pemohon SIM C dalam mengikuti ujian praktik, Korlantas Polri telah mengubah lintasan zig-zag dan angka 8 dengan lintasan berbentuk huruf S. 

Kebijakan tersebut telah diterapkan di sejumlah daerah. Sejumlah Polres dan Polresta kompak mulai memandu pemohon SIM C untuk ujian praktik lintasan Huruf S.

Seorang pemohon bernama Ravilly (19) mengaku, ujian kali ini sangat mudah. 

BACA JUGA:Kepala SMAN 7 Rejang Lebong Tetap Izinkan Siswa yang Orangtuanya Ketapel Mata Guru

Warga Cilendek Barat Kota Bogor yang pernah beberapa kali gagal ujian praktik SIM C itu awalnya ragu untuk mengajukan permohonan SIM C. 

Namun ketika membaca informasi di sejumlah media massa, ia pun memberanikan diri untuk mengajukan kembali di Satlantas Polres Bogor Kota.

Satlantas Polres Bogor Kota kata Ravilly, memudahkan ujian praktik dan akhirnya ia pun berhasil lulus dan memiliki SIM C.

"Alhamdullilah, sekarang sudah punya SIM C, gampang, langsung lulus," kata Ravilly kepada Disway.id,  Selasa 8 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Wahai Pemilik Penyulingan Ilegal di Muratara, Ditunggu Kesadarannya, Kalau Tidak, Ini Pesan Polisi

Ravilly pun mengaku, kelulusan itu pun diraih tanpa uang pelicin atau pungli di lapangan.

"Enggak (pungli atau uang pelicin,red), enggak ada sama sekali,langsung lulus," tambah pria yang sehari-hari beraktifitas dengan motor itu. 

Adapun, selain Satlantas Polres Bogor Kota, daerah lain pun melaporkan telah menerapkan ujian praktik SIM C lintasan Huruf S tersebut. 

Polres dan Polresta mengaku memudahkan semua pemohon SIM C yang pernah gagal atau belum pernah mengajukan sama sekali. 

BACA JUGA:MA Batalkan Vonis Mati Ferdy Sambo, Jadi Seumur Hidup, Putri Candrawathi Dapat Pengurangan Hukuman

Di Boyolali, Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M. Herdi Pratama mengatakan, pihaknya menerapkan lintasan baru untuk praktik ujian pembuatan SIM C per Bulan Agustus ini. 

Ia menjelaskan, bahwa lintasan ujian praktik SIM C yang sebelumnya berbentuk lingkaran 8 seperti zig zag kini berubah menjadi huruf S seperti halnya sirkuit.

AKP M Herdi Pratama menjelaskan bahwa tempat ujian praktik saat ini lebih aplikatif seperti halnya perlintasan jalan raya, sehingga nantinya masyarakat dapat mengaplikasikan dalam berkendara di jalan raya terutama tertib berlalulintas.

Di Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, menjelaskan, Satlantas Polres Bojonegoro telah menjalankan ketentuan ini sejak Jumat 4 Agustus 2023 pekan lalu.

BACA JUGA:Warga Musi Rawas yang Hendak ke Exit Tol, ini Pilihan Jalur Tol Lubuklinggau - Muara Enim Jika Selesai

“Menindaklanjuti arahan bapak Kapolri tentang evaluasi pelaksanaan ujian praktik SIM C, Satlantas Polres Bojonegoro telah merealisasikan jalur lapangan uji praktik SIM C sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan, yaitu menghilangkan angka 8 dan zig zag yang kemudian diganti dengan huruf S,” jelas Kapolres, AKBP Rogib Triyanto, Senin 7 Agustus 2023. 

Di Balangan, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Balangan kini menerapkan proses praktek lapangan ujian SIM C yang lebih mudah.

Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin melalui Kasat Lantas Polres Balangan, AKP Tatak Kusdariyono SM menyampaikan metode lintasan Huruf S bisa meluluskan antara 70 persen sampai dengan 80 persen peserta ujian pemohon SIM C.

Di Pekalongan, Kapolres Recky mengatakan, praktik ketrampilan berkendara memang harus banyak dilatih. Maka, Satlantas memberikan coaching clinic dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencoba ujian praktik SIM C, terlebih dahulu, sebelum benar-benar mulai ujian.

BACA JUGA:Kapolres dan Dandim Jamin Keamanan, Guru Korban Penganiayaan di Rejang Lebong Pindah ke Lubuklinggau

“Adanya perubahan materi uji praktik SIM C dari yang tadinya ada trek zig-zag dan angka 8 menjadi hanya trek lurus dan huruf S, akan semakin memudahkan masyarakat, ” terang Recky. 

Di Pati, Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama melalui Kasat Lantas Kompol Asfauri menerangkan Bahwa terhitung mulai hari ini Senin 7 Agustus 2023 Satpas 1436 Satlantas Polresta Pati telah menerapkan materi ujian praktek SIM C sesuai dengan Kep Kakorlantas Polri.

“Perubahan materi praktek ujian SIM C ini dibuat agar lebih mempermudah masyarakat pemohon SIM untuk bisa lulus dalam mengikuti ujian, dengan tetap memperhatikan uji kompetensi dan kwalitas penerbitan SIM sehingga diharapkan faktor keselamatan di jalan tetap diutamakan," jelasnya. 

Kompol Asfauri mengungkapkan bahwa respon dari masyarakat atau pemohon SIM sangat baik, dan mereka sangat berantusias untuk mengikuti semua pentahapan ujian SIM yang materi prakteknya lebih mudah dibandingkan dengan materi praktek sebelumnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id