Jarang Diketahui, 10 Manfaat Daun Singkong, Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Jarang Diketahui, 10 Manfaat Daun Singkong, Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Apa saja manfaat dari Daun Singkong?-pixabay.com-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Daun singkong merupakan salah satu tanaman bergizi tinggi yang banyak tumbuh di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Namun, daun singkong tidak bisa dikonsumsi langsung. Pasalnya, daun singkong yang masih mentah mengandung zat beracun berupa sianida di dalamnya.

Selain dijadikan lalapan, daun singkong juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena adanya kandungan nutrisi yang cukup baik.

Daun singkong mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tidak heran daun singkong menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti dilansir Disway.id dari manfaatdaun.com, daun singkong mempunyai kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, mangan, zinc, asam folat dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Penumpang Keluhkan Harga Tiket Pesawat Lubuklinggau Jakarta Mahal, Batik Air Jelaskan Begini

Di dalam 100 gram daun singkong terdapat kandungan kalori sebanyak 37 kkal dan lemak sebanyak 1,9 gram. Daun singkong mempunyai kadar kalori dan lemak rendah.

Manfaat daun singkong untuk kesehatan

Berikut manfaat daun singkong untuk kesehatan, berdasarkan berbagai sumber, di antaranya:

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

BACA JUGA:Jadwal Piala Dunia Hari Ini, Jumat 25 November 2022

Konsumsi daun singkong dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah jatuh sakit. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya yang dapat melindungi tubuh dari infeksi kuman penyebab penyakit sekaligus antioksidan untuk menangkal radikal bebas.  

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Daun singkong memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Jadikan, daun singkong sebagai tambahan asupan kalsium. 

Apabila kebutuhan asupan kalsium mencukupi, maka baik untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

BACA JUGA:Spanyol vs Jerman: Misi Sulit, Flick! La Furia Roja Segel 16 Besar?

3. Bagus untuk kehamilan dan mencegah anemia

Hal ini dikarenakan daun singkong mengandung zat besi yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari anemia. 

Selain itu, kandungan asam folat pada daun singkong berfungsi efektif mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Sehingga sayuran ini cocok dikonsumsi pada masa kehamilan.

Konsumsi daun singkong untuk ibu hamil disarankan untuk dilakukan sejak fase awal kehamilan, tepatnya 12 minggu pertama usia kehamilan.

BACA JUGA:4 Terduga Penyalahgunaan Narkoba di Tanah Periuk Musi Rawas Ternyata Satu Keluarga

Di fase ini, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mg per hari.

4. Mencegah tanda penuaan

tersebut dikarenakan daun singkong mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, sehingga dapat mencegah tanda penuaan.

5. Meningkatkan nafsu makan

BACA JUGA:8 Aplikasi e-Recruitment Terbaik untuk Proses Hiring dengan Efisien

Caranya, konsumsi sayur daun singkong yang mengandung bawang putih dan garam. Makan menggunakan nasi. Pastikan pengolahan sudah benar agar tidak keracunan zat sianida yang terdapat pada daun singkong.

6. Menjaga gula darah tetap stabil

Daun singkong juga bermanfaat bagi pengidap kencing manis atau diabetes. Hal ini karena, kandungan seratnya dapat memperlambat penyerapan gula yang terkandung di dalam makanan sehingga kadar gula darah menjadi lebih stabil.

7. Mencegah kanker

BACA JUGA:Babat Toman dan Baylen Muba Jadi Pusat Perkotaan Baru, Ternyata Ini Alasannya

Salah satu faktor risiko terjadinya kanker adalah karena adanya paparan terhadap radikal bebas. Daun singkong memiliki zat antioksidan, yakni polifenol, yang salah satu berperan dalam mencegah kanker. 

8. Membantu proses regenerasi sel

Ternyata, manfaat daun singkong dapat mempercepat regenerasi sel tubuh. Kandungan asam amino esensial di dalam sayuran ini membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sel tubuh harus melakukan regenerasi agar kesehatan tubuh dapat terjaga.

9. Melancarkan pencernaan

BACA JUGA:Kasat Reskrim Musi Rawas: Illegal Drilling Diancam Denda Rp60 Miliar

Berkat serat alami yang terkandung di dalam daun singkong dapat membantu sistem pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Kandungan seratnya berfungsi melunakkan feses sehingga manusia tidak mengalami konstipasi. Namun, sebaliknya serat juga dapat memadatkan feses jika manusia mengalami diare.

10. Menurunkan berat badan

Kandungan protein dan serat yang melimpah juga mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kalori daun singkong juga sangat rendah. Sayuran ini cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Di Lubuklinggau Sepeda Motor Marbot Dibawa Kabur Maling

Namun, ada penyakit tertentu yang tidak disarankan mengonsumsi daun singkong, yaitu bagi pengidap asam urat, kolesterol dan hipertensi. Sebaiknya jika mau makan daun singkong, makan sedikit saja. 

Disarankan juga untuk tidak menggunakan santan selama proses pengolahan. Lemak pada santan dapat mempengaruhi tekanan darah dan menghambat aliran darah.

Efek samping makan daun singkong berlebihan:

Daun singkong memiliki segudang manfaat dan nutrisi. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan cara memasak tidak benar daun ini bisa beracun dan berbahaya bagi tubuh. 

BACA JUGA:IRT di Lubuklinggau Ditemukan Tewas di Belakang Rumah

Menurut berbagai sumber, bahaya makan daun singkong secara berlebihan, yakni asam lambung naik, keracunan makanan, sakit kepala, meningkatkan kolesterol dan asam urat. 

Tips Mengolah Daun Singkong yang aman adalah pilih daun singkong yang muda dan direbus dengan air garam di dalam panci selama 30 menit untuk menghilangkan racunnya. Lalu, peras daun singkong untuk menghilangkan cairan hijau dari daunnya.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: 10 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orang

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id