7 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal, Penunjang Kehidupan Manusia, Rugi Bila Diabaikan

7 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal, Penunjang Kehidupan Manusia, Rugi Bila Diabaikan

7 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal, Penunjang Kehidupan Manusia, Rugi Bila Diabaikan--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Simak berikut ini 7 tips yang dapat anda terapkan dalam menjaga kesehatan ginjal. Penting untuk dijaga, ginjal penunjang hidup manusia.

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan organ vital yang dimiliki manusia ini, yaitu ginjal yang berperan penting sebagai penunjang kehidupan manusia.

Ginjal yang dimiliki manusia memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh kita.

Makanya, ginjal sendiri perlu dijaga agar keberlangsungan hidup manusia dapat berjalan dengan baik serta bisa terhindar dari penyakit berbahaya.

BACA JUGA:Banjir Muratara, Satu Desa Terisolir, Rawas Ulu Siaga, Ada yang Mengungsi

Sebab, adanya penyakit ginjal akan mempengaruhi pada kesehatan sistem organ yang lain diantaranya paru-paru, jantung, otak dan lain sebagainya, yang dapat memperburuk keadaan kesehatan.

Adapun ginjal sendiri berperan penting dalam mengendalikan keseimbangan cairan, menjaga keseimbangan kadar elektrolit pada kadar yang tetap stabil.

Kemudian mencegah menumpuknya limbah sisa-sisa metabolisme tubuh pada pembuluh darah serta memproduksi hormon erythropoietin yang berfungsi untuk merangsang sumsum tulang memproduksi sel darah merah. 

Ginjal juga berperan dalam menghasilkan enzim renin yang memiliki andil penting dalam pengendalian tekanan darah serta menghasilkan bentuk aktif vitamin D yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang.

BACA JUGA:KPAI Desak Kominfo Blokir Game Online Berbau Kekerasan Begini Efek yang Dirasakan Anak

Dengan peran ginjal yang begitu penting bagi tubuh manusia tersebut maka, penting bagi kita untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Tenang saja, berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari laman kemenkes berikut tipsnya.

7 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal 

1. Olahraga secara rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: