Apa Sih Fungsi Ginjal Pada Tubuh Manusia? Yuk Simak

Apa Sih Fungsi Ginjal Pada Tubuh Manusia? Yuk Simak

Apa Sih Fungsi Ginjal Pada Tubuh Manusia? Yuk Simak--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.IDGinjal adalah organ yang penting untuk menjalankan sistem ekskresi (pengeluaran zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh) selain organ yang berperan penting dalam sistem ekskresi manusia berikut fungsi Ginjal lainnya:

Fungsi utama dari Ginjal adalah untuk membersihkan peredaran darah dari sisa hasil metabolisme atau limbah darah di dalam tubuh serta mengatur tekanan darah.

Apa Fungsi Ginjal?

1. Pembersih Darah

BACA JUGA:Simak, Berikut ini Cara Cek Pengumuman dan Jadwal Terbaru Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023

Seperti yang dijelaskan sebelumnya fungsi ginjal yang sangat bertanggung jawab membersihkan darah dari zat-zat beracun dan sisa metabolisme dari dalam tubuh.

Proses ini terjadi di bagian ginjal yang bernama glomerulus, yaitu struktur pembuluh darah kecil di ginjal yang berfungsi sebagai penyaring.

Zat-zat beracun atau hasil sisa metabolisme tadi seperti urea dan kreatinin, disaring glomerulus dan dibuang melalui urin atau air seni.

2. Mengatur Keseimbangan Air dan Elektrolit

BACA JUGA:Park Hyung Sik dan Park Bo Young Kembali Beradu Akting di Drama Strong Girl Nam Soon, Simak Faktanya

peran ginjal yang selanjutnya adalah untuk mengatur keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh.

Ginjal akan mengontrol jumlah air yang diserap oleh tubuh dan dilakukan proses ekskresi untuk memastikan keseimbangan air, elektrolit, natrium, kalium dan klorida dalam darah seimbang.

Karena ketikakseimbangan elektrolik nanti akan menyebabkan berbagai masalah Kesehatan yang serius seperti terganggunya irama detak jantung.

3. Mengatur Tekanan Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: