Wajib Tahu, Ini 6 Kondisi yang Tak Dianjurkan untuk Makan Durian, Salahsatunya Penderita Diabetes

Wajib Tahu, Ini 6 Kondisi yang Tak Dianjurkan untuk Makan Durian, Salahsatunya Penderita Diabetes

6 kondisi yang tak dianjurkan untuk makan durian, --Shutterstock/kwanchai.c)

LINGGAUPOS.CO.ID - Anda wajib tahu, berikut ini 6 kondisi yang tak dianjurkan untuk makan durian yakni salahsatunya bagi penderita diabetes.

Durian mengandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk tubuh, serta menjadi salah satu buah paling bergizi di dunia.

Sekitar setengah dari buah utuh atau 243 gram durian mengandung 66 gram karbohidrat, 9 gram serat, serta 4 gram protein.

Selain itu, durian juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, tiamin, mangan, folat, magnesium, dan niasin atau vitamin B3.

BACA JUGA:Semprit Durian Wijen Cocok untuk Hidangan Natal, Berikut ini Resep dan Cara Membuatnya

Namun, beberapa orang dengan kondisi tubuh tertentu juga dianjurkan untuk membatasi atau bahkan menghindarinya sama sekali. 

Dilansir dari Healthline, durian kaya akan senyawa dengan sifat antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. 

Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah, sehingga baik untuk organ jantung.

Berikut 6 kondisi yang tidak dianjurkan untuk makan durian:

BACA JUGA:Suka Makan Durian? Ini Takaran yang Tepat dalam Sehari, Kalian Wajib Tahu!

1. Kelebihan berat badan

Dilansir dari Very Well Fit, durian jenis apa pun adalah salah satu buah dengan kandungan kalori paling tinggi, sekitar 357 kalori untuk setiap 243 gramnya.

Asupan makanan tinggi kalori berpotensi memberi dampak kurang baik bagi kesehatan, karena dapat meningkatkan risiko obesitas. Oleh karena itu, orang yang kelebihan berat badan sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi buah durian.

Kementerian Kesehatan menyebutkan, obesitas yang tak teratasi dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan, termasuk asma, perlemakan hati, diabetes, dan hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: