Waspada, Ketahui 4 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal, Hindari

Waspada, Ketahui 4 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal, Hindari

Waspada, Ketahui 4 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal, Hindari--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui 4 jenis makanan dan minuman yang berpotensi dapat merusak ginjal kamu, sebaiknya dihindari, yuk cek daftarnya berikut ini.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang fungsinya cukup vital, mulai dari membersihkan darah dari senyawa beracun, mengendalikan keseimbangan air, hingga mengatur kadar garam di tubuh.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita semua menjaga kesehatan ginjal sebaik mungkin dengan memenuhi asupan dan menghindari makanan yang dapat merusak ginjal.

Akan fatal akibatnya jika ginjal sudah rusak, hal itu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, dan yang paling buruk bisa terjadi komplikasi hingga kematian.

BACA JUGA:Inilah 10 Produk Kopi Sachet yang Paling Banyak Dicari 2023 di Marketplace

Fungsi ginjal yang penting tersebut bisa saja menurun ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Sebut saja, minum soda misalnya, jenis minuman ini mengandung fosfor yang sangat tinggi. Tambahan zat tersebut biasanya untuk menambah rasa, memperpanjang simpan dan mencegah perubahan warna.

Kandungan fosfor pada soda bervariasi, tetapi umumnya soda berwarna gelap mengandung 50 hingga 100 miligram.

Ketika jumlah fosfor yang masuk itu berlebihan, maka ginjal tidak mampu mengeluarkannya. Akibatnya, zat ini menumpuk dan lambat laun merusak ginjal.

BACA JUGA:Inilah 10 Jenis Kopi yang Jadi Minuman Favorit Orang Indonesia yang Dijual di Indomaret dan Alfamart

Lalu, apa saja jenis makanan lainnya yang dapat merusak ginjal tersebut, berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari berbagai sumber.

4 Makanan dan Minuman yang Merusak Ginjal

1. Makanan Kalengan 

Makanan kalengan seperti sup, sayuran, dan kacang-kacangan cenderung lebih praktis dikonsumsi. Namun dibalik itu, makanan kaleng rupanya mengandung natrium alias garam yang sangat tinggi. Adapun Tambahan garam ini bertujuan untuk mengawetkan dan meningkatkan umur simpan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: