Studi Sebut Orang yang Baru Memulai Pacaran Rata-Rata Kehilangan Dua Orang Teman, Kok Bisa?

Studi Sebut Orang yang Baru Memulai Pacaran Rata-Rata Kehilangan Dua Orang Teman, Kok Bisa?

Studi dari Universitas Oxford, Inggris, menyebut ketika seseorang mendapatkan pasangan baru, mereka mungkin akan kehilangan dua teman mereka.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Saat kamu memulai hubungan baru, waktu yang biasa kamu habiskan bersama teman-teman kemungkinan akan bergeser ke arah pasangan kamu.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 25 Maret 2024, sebuah studi dari Universitas Oxford, Inggris, menyebut ketika seseorang mendapatkan pasangan baru, mereka mungkin akan kehilangan dua teman mereka.

Mempunyai pasangan cenderung akan mengalihkan fokus serta perhatian kamu terhadap mereka, membuat kamu kurang memperhatikan orang lain, termasuk teman-temanmu.

Untuk itu, hal tersebut lah yang menyebabkan persahabatan akan melemah, dan akhirnya kamu akan kehilangan teman.

BACA JUGA:Gerakan Secanting Beras dan Sebutir Telur Majelis Taklim Fissabilillah, Meraih Keberkahan Bulan Ramadan

Melansir dari laman Guardian, baik pria ataupun wanita akan sama-sama mendapatkan efek ini. Melalui sebuah kuesioner di internet, Dunbar bertanya kepada 428 wanita dan 112 pria.

Yang mana diberikannya 32 pertanyaan pada para peserta. Mereka diberikan pernyataan mengenai apakah orang-orang terdekat mereka dapat memberikan perasaan romantis tambahan.

"Hal ini mengejutkan kita. Jika Anda tidak bertemu dengan orang lain, maka ikatan emosional dengan mereka anak menurun dengan cepat. Yang saya lihat di sini adalah perhatian Anda sepenuhnya berfokus pada pasangan sehingga Anda tak memerhatikan orang lain yang sebelumnya akrab dengan Anda dan beberapa hubungan itu mulai memburuk," terang Dunbar.

Namun hasilnya, hubungan yang romantis malah akan menabrak lingkaran pertemanan terdekat antar mereka.

BACA JUGA:Dirazia Ulang, Kost di Lubuk Linggau Ada 5 Laki-laki dan 2 Wanita, Langsung Diamankan

Adapun dalam penelitian sebelumnya, Dunbar menemukan bahwa orang-orang yang biasanya mempunyai lima relasi yang sangat dekat.

"Jika Anda memasuki hubungan romantis, itu seharga dengan kehilangan dua teman. Mereka yang berpacaran, alih-alih memiliki lima 'rangkaian inti' khas dalam hubungan, hanya memiliki empat di mana satu diantaranya adalah orang baru," tukas Dunbar.

Mereka ini merupakan orang-orang yang akan dituju, namun berada dalam masalah keuangan dan emosional.

"Jika Anda memiliki hubungan romantis, itu seharga dengan dua teman. Mereka yang memiliki hubungan romantis tidak memiliki lima inti dalam sebuah hubungan tapi hanya empat. Dan satu dari mereka adalah orang baru yang datang dalam hidup," kata Dunbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: