Ketahui, Inilah 8 Efek Puasa Ramadan Tanpa Sahur Bagi Kesehatan, Waspada!

Ketahui, Inilah 8 Efek Puasa Ramadan Tanpa Sahur Bagi Kesehatan, Waspada!

Efek puasa Ramadan tanpa sahur bagi kesehatan.--Freepik

BACA JUGA:Awas, 5 Masalah Kesehatan Berikut Ini Sering Kambuh saat Puasa, Dari Maag Hingga Diare dan Cara Mengatasinya

Selama berpuasa Anda perlu menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan maupun minuman selama beberapa jam. Karena itulah, jika tidak mengonsumsi makanan saat sahur, tubuh akan kekurangan energi yang menyebabkan mudah lemas dan lelah.

Untuk mengoptimalkan kebutuhan energi tubuh selama berpuasa, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat sahur, di antaranya kentang, nasi merah, oatmeal, dan ubi jalar.

Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur, juga dianjurkan karena makanan tersebut cenderung dicerna secara perlahan sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama saat menjalani puasa.

3. Memicu Turunnya Berat Badan secara Drastis

BACA JUGA:77 Persen Karyawan Alami Stres Karena Atasan Menyebalkan, Hasil Sebuah Penelitian, Begini Cara Mengatasinya

Bahaya puasa tanpa sahur bagi kesehatan berikutnya adalah dapat memicu penurunan berat badan secara drastis.

Ketika tidak mendapatkan asupan kalori yang cukup selama puasa, tubuh akan memecah lemak dan protein untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Jika terjadi secara terus-menerus, kondisi ini berisiko menyebabkan berat badan turun drastis yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

4. Daya Tahan Tubuh Menurun

BACA JUGA:Hati-Hati Perut Bisa Buncit saat Puasa, 5 Hal Ini Penyebabnya: Sebaiknya Hindari

Bahaya puasa tanpa sahur bagi kesehatan yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah penurunan sistem imun karena tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh.

Akibatnya, Anda lebih berisiko mengalami berbagai macam penyakit saat puasa, seperti nyeri tenggorokan, diare, flu, dan sembelit.

Di samping itu, manfaat sahur saat puasa juga mampu mencegah terjadinya sindrom metabolik atau kondisi medis yang berkaitan dengan gangguan gula darah, obesitas, tekanan darah, dan kolesterol.

Oleh karenanya, penting untuk mengonsumsi menu sahur sehat yang mengandung gizi seimbang, diantaranya karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: