Malam Nisfu Syaban 2024 Sebentar Lagi, Ketahui 3 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan, Berlimpah Keampunan

Malam Nisfu Syaban 2024 Sebentar Lagi, Ketahui 3 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan, Berlimpah Keampunan

Malam Nisfu Syaban 2024 Sebentar Lagi, Ketahui 3 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan, Berlimpah Keampunan--Pixabay.com

BACA JUGA:Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 2024 Dilakukan 3 Tahap, Berikut Agendanya

1. Perbanyak Doa

Pertama, perbanyak berdoa, adapun anjuran mengenai untuk memperbanyak berdoa ini dikutip dari hadist riwayat Abu Bakar. Hadist tersebut berbunyi, 

Artinya: “(Rahmat) Allah turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).

Untuk itu, pada malam Nisfu Syaban kita dianjurkan memperbanyak doa memohon ampunan.

BACA JUGA:Resep Puding Cendol, Cocok untuk Hidangan Buka Puasa Ramadan, Anak-anak Pasti Suka

2. Perbanyak Bersyahadat 

Selanjutnya, perbanyak kalimat syahadat, meskipun dua kalimat syahadat bisa diamalkan setiap waktu, tetapi kalimat mulia ini akan sangat baik bila diamalkan pada malam Nisfu Sya’ban.

Keterangan mengenai perbanyak membaca dua kalimat syahadat itu dirujuk dari Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitab Ithmi’nanul Qulub Bidzikiri ‘Allamil Ghuyub yang mengatakan:

“Seyogyanya seorang Muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

BACA JUGA:3 Resep Puding Kurma Cocok untuk Anak-anak, Sajian Pas Puasa Ramadan

3. Perbanyak Istighfar 

Pada malam nisfu syaban dianjurkan untuk memperbanyak beristighfar atau meminta ampunan kepada Allah. Meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam istimewa nisfu syaban.

Sebagaimana yang terdapat dalam kitab Ithmi’nanul Qulub, dari Sayyid Muhammad bin Alawi yang bunyinya.

“Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: