Hadits yang Menyebutkan Tentang Keistimewaan Malam Nisfu Syaban: Dikabulkannya Permintaan

Hadits yang Menyebutkan Tentang  Keistimewaan Malam Nisfu Syaban: Dikabulkannya Permintaan

Hadits yang Menyebutkan Tentang Keistimewaan Malam Nisfu Syaban: Dikabulkannya Permintaan--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Begini bunyi hadits yang menyebutkan tentang keistimewaan dari malam Nisfu Syaban, salah satunya malam dikabulkannya permintaan.

Dalam kalender Hijriah, Nisfu Syaban selalu jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 H, tepat pertengahan bulan Syaban. Maka, jika dikonversi ke kalender Masehi tahun ini Nisfu Syaban bertepatan dengan tanggal 25 Februari 2024.

Dengan demikian malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban 1445 H malam atau bertepatan dengan Sabtu, 24 Februari 2024 malam.

Malam Nisfu Syaban sendiri dikenal dengan malam yang istimewa sebagaimana yang disinggung dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya

Selain itu, di bulan Syakban juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti puasa, zikir, sholawat dan salat sunah lainnya.

Adapun salah satu keistimewaan malam Nisfu Syaban disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, yaitu

Artinya: “Dari Abu Musa Al-Asyari RA dari Rasulullah SAW, beliau berkata "Sesungguhnya Allah SWT melihat kepada hambaNya di malam Nisfu Syaban maka Allah SWT mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang yang menyekutukan Allah atau orang munafik."

Imam Syihabuddin Ahmad al-Burullusi al-Mishri (907H) di dalam kitabnya Qalyûbî wa ‘Umairah (Mahalli), bahwasannya menghidupkan Nisfu Syaban hukumnya sunnah seperti menghidupkan malam Hari Raya Idulfitri dan Iduladha.

BACA JUGA:Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban 2024 Lengkap Beserta Artinya, Malam Penuh Kemuliaan, Yuk Disimak

Lantas, bagaimana bunyi hadis yang menjelaskan keistimewaan dari malam Nisfu Syaban, berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari laman NU Online, selengkapnya di bawah ini.

Bunyi Hadist Mengenai Malam Nisfu Syaban 

1. Menjadi malam penuh ampunan 

Poin pertama ini terdapat dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Bakar ra., Nabi Muhammad SAW menjelaskan keutamaan malam Nisfu Syaban adalah ampunan Allah SWT. Yang lebih murah diraih setiap insan. Hadist tersebut berbunyi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: