Malam Nisfu Syaban 2024 Sebentar Lagi, Ketahui 3 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan, Berlimpah Keampunan

Malam Nisfu Syaban 2024 Sebentar Lagi, Ketahui 3 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan, Berlimpah Keampunan

Malam Nisfu Syaban 2024 Sebentar Lagi, Ketahui 3 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan, Berlimpah Keampunan--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Malam Nisfu Sya’ban  2024 akan tiba sebentar lagi, ketahui 3 amalan sunah yang dapat dilakukan, berlimpah keampunan.

Tinggal menghitung hari lagi bulan Ramadan 1445 akan segera tiba, bulan penuh keberkahan dan penuh ampunan yang selalu dinanti-nantikan.

Selain itu, sebelum bulan Ramadan tiba terlebih dahulu kita akan mendapati malam Nisfu Syaban salah satu waktu yang dinanti-nantikan oleh umat islam karena memiliki banyak keistimewaan.

Untuk itu, ada beberapa amalan sunah yang dapat kamu lakukan di malam Nisfu Sya’ban yang penuh dengan keistimewaan ini.

BACA JUGA:Inilah 5 Tips Makan di Bulan Ramadan sesuai Alquran dan Hadits

Adapun salah satu keistimewaan malam Nisfu Syaban disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, yaitu

Artinya: “Dari Abu Musa Al-Asyari RA dari Rasulullah SAW, beliau berkata "Sesungguhnya Allah SWT melihat kepada hambaNya di malam Nisfu Syaban maka Allah SWT mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang yang menyekutukan Allah atau orang munafik."

Malam Nisfu Syaban sendiri berbeda setiap tahunnya dalam penanggalan Masehi. Hal ini karena perbedaan penanggalan kalender Hijriah dengan kalender Masehi yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalender Hijriah didasarkan pada perhitungan Bulan sementara kalender Masehi didasarkan pada perhitungan Matahari.

BACA JUGA:Pemerintah Putuskan 1 Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024, Berdasarkan Hasil Pantauan 134 Hilal

Lantas, dalam kalender Hijriah, Nisfu Syaban selalu jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 H, tepat pertengahan bulan Syaban. Maka, jika dikonversi ke kalender Masehi tahun ini Nisfu Syaban bertepatan dengan tanggal 25 Februari 2024.

Dengan demikian malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban 1445 H malam atau bertepatan dengan Sabtu, 24 Februari 2024 malam.

Lantas, untuk mengisi malam Nisfu Syaban ada 3 amalan sunah yang dapat kamu lakukan. Mengutip dari NU online berikut adalah amalannya.

3 Amalan Sunah di Malam Nisfu Syaban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: