Menakjubkan, NASA Berhasil Foto Planet Jupiter Versi Paling Detail untuk Pertama Kalinya

Menakjubkan, NASA Berhasil Foto Planet Jupiter Versi Paling Detail untuk Pertama Kalinya

NASA berhasil foto planet Jupiter versi paling detail untuk pertama kalinya.--@folkative

LINGGAUPOS.CO.ID – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk pertama kalinya memperlihatkan foto hasil jepretan mereka untuk planet Jupiter yang menakjubkan secara detail.

Pengambilan gambar yang mengesankan ini ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb dan menampilkan badai besar yang berputar-putar di atmosfer Jupiter.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 12 Februari 2024, JWST NASA mengambil gambar yang menakjubkan ini dari luar angkasa itu selama berminggu-minggu serta juga menangkap beberapa jepretan spektakuler Jupiter dalam cahaya inframerah.

Selain itu juga, Near-Infrared Camera (NIRCam) teleskop ruang angkasa juga mengungkapkan rahasia tersembunyi Jupiter dalam detail yang mengesankan, dengan menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kado Valentine Terbaik untuk Mas Pacar

Terlihat juga pada gambar yang dibagikan tersebut, Aurora yang memanjang hingga ketinggian di atas kutub utara dan selatan serta kabut asap yang berputar-putar di sekitar kutub juga terlihat.

"Sejujurnya, kami tidak benar-benar mengharapkannya menjadi sebaik ini," kata Profesor Mike de Pater, astronom planet di University of California, Berkeley.

"Sungguh luar biasa bisa melihat detail di Jupiter bersama cincinnya, satelit kecil dan bahkan galaksi dalam satu gambar," lanjutnya.

Pada gambar tersebut juga menunjukkan bintik merah besar Jupiter yang ikonik dengan badai besarnya terlihat di kiri bawah.

BACA JUGA:Apa Manfaat Mengkonsumsi Lobster, Mudah Didapat di Musi Rawas, Simak Ulasan Berikut Ini

Warna putih dalam gambar ini sebab memantulkan banyak sinar matahari. 

"Kecerahan foto menunjukkan resolusi yang tinggi," kata ilmuwan Webb, Heidi Hammell.

"Jadi Bintik Merah Besar memiliki kabut ketinggian tinggi, seperti halnya wilayah khatulistiwa. Banyak titik putih terang dan garis kemungkinan besar merupakan puncak awan tinggi dari badai konvektif yang terkondensasi," sambungnya.

Bintik merah besar Jupiter ini merupakan badai terbesar di tata surya yang berukuran lebar sekitar 10.160 mil, setara dengan 1,3 kali diameter Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: