NASA Tunjukkan Potret Pembangunan IKN Jokowi, April 2022 Hijau Februari 2024, Banyak Jalan dan Tanah Kering

NASA Tunjukkan Potret Pembangunan IKN Jokowi, April 2022 Hijau Februari 2024, Banyak Jalan dan Tanah Kering

NASA tunjukkan potret pembangunan IKN Jokowi, April 2022 Hijau, Februari 2024 banyak jalan dan tanah kering.--Instagram @folkative

LINGGAUPOS.CO.ID – Semenjak Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mana ibu kota baru Indonesia ini mulai di bangun pada 2022 lalu.

Hutan Kalimantan bagian timur ini sudah mengalami banyak perubahan. Yang mana awalnya lahan hijau berubah menjadi coklat karena deforestasi guna membangun pusat pemerintahan di sana.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 28 Februari 2024, NASA menunjukkan gambar satelit terbaru dan memperlihatkan dengan jelas bagaimana hutan Kalimantan dijadikan lahan pembangunan IKN berubah drastis dalam waktu dua tahun.

Terlihat pada potret tersebut, banyak struktur jalan tampak terukir di lanskap hutan tersebut.

BACA JUGA:Peroleh 38.751 Suara, Elvaria Novianti Dipastikan Duduk di DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Foto yang ditangkap ini menunjukkan perbedaan lahan hijau IKN tersebut diambil oleh kamera OLI-2 (Operational Land Imager-2) yang terpasang di satelit pengamat Bumi, Landsat 9, serta kamera OLI di satelit Landsat 8 pada 26 April 2022 dan 19 Februari 2024.

Sementara itu, pembangunan ibu kota baru di Kalimantan ini didasari pada beberapa alasan.

Diantaranya yaitu karena lingkungan Jakarta yang sekarang menjadi ibu kota Indonesia sudah mengalami banyak tantangan, salah satunya yakni penurunan permukaan tanah hingga 15 centimeter per tahun yang terjadi di wilayah pesisir Jakarta.

Yang mana membuat kota tersebut terancam tenggelam. Selain itu, kemacetan dan kepadatan penduduk juga menjadi salah satu alasan pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

BACA JUGA:Jokowi Resmi Menganugerahkan Kenaikan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal TNI Kehormatan Bintang 4

Menurut laporan, DKI Jakarta saat ini dihuni oleh lebih dari 10 juta orang dan terus berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir.

Ditambah banjir yang tidak kunjung usai, polusi udara, kurangnya air bersih juga sudah menjadi pertimbangan dari pemerintah untuk mengurangi populasi di Jakarta.

Dengan demikian, atas semua pertimbangan ini, Presiden Jokowi pada akhirnya mengumumkan untuk pemindahan pusat pemerintahan dari Jawa ke Kalimantan pada 2019 lalu.

Pembangunan dari IKN ini dimulai pada Juli 2022 di kawasan hutan serta perkebunan kelapa sawit dengan luas sekitar 30 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: