NASA Cari Relawan yang Mau Simulasi Hidup Satu Tahun di Mars, Tertarik untuk Coba?

NASA Cari Relawan yang Mau Simulasi Hidup Satu Tahun di Mars, Tertarik untuk Coba?

NASA cari relawan yang mau simulasi hidup satu tahun di Mars.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Badan Antariksa Amerika Serikat NASA sedang mencari relawan untuk program simulasi misi ke permukaan Mars selama satu tahun.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat, 23 Februari 2024, misi tersebut bernama CHAPEA yang dijadwalkan akan terlaksana pada musim semi 2025.

Menurut keterangan resmi dari NASA misi tersebut akan melibatkan empat kru sukarelawan yang akan bekerja di habitat 3D dengan luas 1,700 kaki persegi di Johnson Space Center NASA di Houston, AS.

“Lokasi yang disebut Mars Dune Alpha ini mensimulasikan tantangan misi di Mars, termasuk keterbatasan sumber daya, kegagalan peralatan, penundaan komunikasi, dan penyebab stres lingkungan lainnya,” tulis NASA.

BACA JUGA:Semangat Wujudkan WBK, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Lakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat

Dijelaskan lebih lanjut, para kru partisipan akan melakukan sejumlah simulasi, mulai dari berjalan di luar angkasa, mengoperasikan robot, pemeliharaan habitat, olahraga hingga bercocok tanam.

Diketahui, kriteria kru yang bertugas merupakan warga negara AS atau penduduk tetap yang sehat, tidak merokok, berusia 30-35 tahun, berbahasa Inggris dengan baik untuk komunikasi yang efektif antara kru dan pengontrol misi.

Adapun kriteria tambahan bagi para pelamar calon astronot ini yakni memiliki gelar master di bidang teknik, matematika, ilmu biologi, fisika, atau komputer dari lembaga terakreditasi dengan pengalaman dua tahun atau 1000 jam.

Selain itu, kandidat yang menyelesaikan dua tahun bekerja menuju program doktoral di bidang sains, teknologi, teknik serta matematika (STEM), menyelesaikan gelar kedokteran atau program uji coba juga nanti akan dipertimbangkan.

BACA JUGA:Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba Polres Banyuasin Dilaporkan Perempuan Muda, ini Kata Kapolda Sumatera Selatan

Kemudian, bagi pelamar yang menyelesaikan pelatihan perwira militer atau gelar sarjana sains di bidang STEM dengan empat tahun pengalaman professional juga nantinya akan dipertimbangkan.

“Batas waktu pelamar adalah Selasa, 2 April 2024,” tulis NASA.

Diberitahukan sebelumnya pada Januari 2024, Badan Antariksa Eropa (ESA) telah menemukan lautan air yang bisa menutupi Mars dengan kedalaman antara 4,9 dan 8,9 kaki atau sekitar 1,5 dan 2,7 meter, yang terkubur dalam bentuk es berdebu di bawah ekuator planet tersebut.

Temuan tersebut dibuat oleh misi Mars Express milik ESA, yakni sebuah pesawat ruang angkasa veteran yang sudah terlibat dalam operasi sains di sekitar Mars selama 20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: