6 Penyakit Akibat Sering Marah, Berbahaya Sekali, Kesehatan Dapat Terancam

6 Penyakit Akibat Sering Marah, Berbahaya Sekali, Kesehatan Dapat Terancam

6 Penyakit Akibat Sering Marah-Marah, Berbahaya Sekali Kesehatan Dapat Terancam--Pixabay.com

BACA JUGA:Jangan Salah Pesan, Inilah 14 Jenis Minuman Kopi yang Ada di Coffee Shop

Sebab, kemarahan memicu perubahan fisiologis yang mempengaruhi darah kamu, sehingga dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau masalah terkait untuk sementara.

Mengutip dari Harvard Health Publishing, penelitian menunjukkan bahwa dalam dua jam setelah ledakan amarah, seseorang berisiko lebih tinggi mengalami nyeri dada (angina), serangan jantung, atau risiko irama jantung.

Hal itu dikarenakan kemarahan menyebabkan keluarnya hormon stres seperti adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan tekanan darah naik.

Selain iti, kemarahan juga membuat darah kamu lebih mungkin menggumpal, yang sangat berbahaya bila arteri kamu menyempit oleh plak yang mengandung kolesterol.

BACA JUGA:Inilah 3 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman, Bikin Nyenyak Sampai Pagi

2. Meningkatkan Risiko Stroke

Selanjutnya sering marah-marah juga beresiko stroke, kondisi tersebut terjadi akibat bekuan darah ke otak atau pendarahan di dalam otak naik menjadi lebih tinggi setelah ledakan amarah.

Bahkan bagi orang yang sudah memiliki aneurisma di salah satu arteri otak, risiko aneurisma untuk pecah menjadi enam kali lebih tinggi setelah ledakan amarah.

Untuk itu, kamu dapat belajar mengendalikan amarah dengan cara mengidentifikasi pemicu kemarahan kamu dan mencari cara untuk mengubah respons kamu. 

BACA JUGA:Apa Manfaat Ibu Hamil Tidur dengan Cukup, Simak 4 Ulasan Berikut Ini

3. Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu sering marah membuatmu mudah jatuh sakit, hal ini menurut para ilmuwan di Universitas Harvard yang menemukan pada orang sehat, bahwa hanya meminta mereka untuk mengingat pengalaman marah dari masa lalu, dapat menyebabkan penurunan selama enam jam dalam kadar antibodi imunoglobulin A, yaitu garis pertahanan pertama sel melawan infeksi.

Untuk itu, bila tidak mau mudah sakit, carilah beberapa strategi yang efektif untuk menanggulangi kemarahan kamu. 

4. Memperburuk Kecemasan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: