Pengusaha Jalan Tol, Jusuf Hamka Menanggapi MLFF Sebagai Pengganti Kartu Tol 2024, Begini Tanggapannya

Pengusaha Jalan Tol, Jusuf Hamka Menanggapi MLFF Sebagai Pengganti Kartu Tol  2024, Begini Tanggapannya

Pengusaha Jalan Tol, Jusuf Hamka Menanggapi MLFF Sebagai Pengganti Kartu Tol 2024, Begini Tanggapannya--instagram: jusufhamka

BACA JUGA:Viral Video Minta Tolong Zhafirah, Korban Pendaki yang Selamat dari Semburan Abu Vulkanik Gunung Marapi Sumbar

Namun, belum ada kemajuan dari perencanaan tersebut, yang awalnya akan dimulai penerapannya pada 2022 hingga selesai 2023 akhirnya diundur lagi.

Disamping itu, Jusuf Hamka saat itu juga mengaku belum mendapatkan informasi ataupun penjelasan sistem dari badan usaha pelaksana (BUP), PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), maupun pemerintah.

“Mesti Tanya pemerintah, kita sih mengharapkan bisa segera diterapkan buat kita bisa mengharapkan bisa segera  diterapkan buat kita bisa membantu karena tingkat kepadatan di pintu tl juga akan berkurang” Ujar Jusuf Hamka

Namun meskipun demikian, Jusuf Hamka mengaku akan tetap mengikuti aturan dan keputusan pemerintah mengenai implementasi dari sistem MLFF.

BACA JUGA:Cara Bayar Masuk Tol dengan MLFF Pengganti E-Toll Mulai 2024, ini yang Harus Dilakukan

Jika pemerintah melalui kementerian PUPR mengambil alih proyek MLFF sepenuhnya, dengan cara membeli teknologi dari Hungaria itu, ia meyakini jika badan usaha jalan tol (BUJT) akan lebih percaya diri untuk menerapkannya.

“Banyak kelemahan yang akan terjadi, karena kalau uangnya (tarif) itu nanti masuk ke Roatex semuanya, siapa yang bertanggung jawab? Roatex itu kan entitasnya luar negeri, ini kan duit BUJT ke mana larinya nanti?” Ungkapnya.

Namun kini penerapan transaksi pembayaran tol dengan sistem MLFF akan digencarkan oleh pemerintah lagi.

Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan tapping (menempelkan) kartu e-toll mulai 2024.

BACA JUGA:Daftar 5 Jalan Tol Gratis Mudik Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Ada Ruas Solo-Jogja

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang akan menerapkan secarah penuh sistem transaksi nontunai nirsentuh atau layanan menggunakan sistem  multilane free flow (MLFF) sebagai pengganti kartu tol pada 2024.

Bahkan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo mengatakan jika teknologi dalam menerapkan sistem ini siap. 

”Teknologi pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi” Ujarnya.

Lebih lanjut, menteri Basuki menyatakan simulasi uji coba penerapan MLFF ini sudah dimulai di jalan tol Bali-Mandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: