Cara Bayar Masuk Tol dengan MLFF Pengganti E-Toll Mulai 2024, ini yang Harus Dilakukan

Cara Bayar Masuk Tol dengan MLFF Pengganti  E-Toll Mulai 2024, ini yang Harus Dilakukan

Cara Bayar Masuk Tol dengan MLFF Pengganti E-Toll Mulai 2024, ini yang Harus Dilakukan--instagram: pupr_bpjt

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui cara bayar masuk tol dengan sistem MLFF sebagai pengganti e-toll yang akan mulai diterapkan pada 2024, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pemerintah mulai 2024 berencana akan menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) sebagai transaksi pembayaran masuk tol menggantikan e-toll

Sistem transaksi non-tunai berbasis MLFF ini merupakan sistem pembayaran nirsentuh demi menciptakan efisiensi, efektivitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran jalan tol di Indonesia.

Bahkan, perjanjian kerja sama ini sudah dilakukan pada Maret 2021, kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah memulai konstruksi transaksi tol berbasis MLFF.

BACA JUGA:Prediksi Torino vs Atalanta, Serie A, Selasa 5 Desember 2023, Kick Off 02.45 WIB

Multi Lane Free Flow (MLFF) adalah proses pembayaran tol tanpa berhenti, yang berarti pengguna jalan tol tidak harus memberhentikan kendaraannya di gerbang tol.

Adapun teknologi yang diterapkan  pada MLFF adalah Global Navigation Satellite System (GNSS), yaitu sebuah sistem yang memungkinkan untuk melakukan transaksi melalui aplikasi di handphone pintar (smartphone) dan dibaca melalui satelit.

Cara kerja MLFF dengan teknologi GNSS tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi khusus pembayaran layanan jalan tol yang dapat di install di smartphone.

Setelah itu, GPS melalui alat yang dipasangkan dalam kendaraan akan menentukan lokasi kendaraan yang dibaca oleh satelit dan proses map-matching (memastikan posisi kendaraan) akan bekerja di sentral system.

BACA JUGA:Jadwal Libur Akhir Tahun Bagi ASN, Catat Tanggalnya Biar Bisa Persiapan Liburan

Nah, kemudian saat kendaraan anda keluar jalan tol, maka proses map-matching otomatis berakhir dan sistem akan melakukan kalkulasi tariff yang akan dibayar pengguna jalan tol.

Ketika kendaraan anda melewati pintu tol, saldo uang elektronik pada aplikasi di smartphone akan terpotong dengan sendirinya.

Dengan menerapkan teknologi MLFF di Indonesia akan membuat pengguna jalan tol tidak perlu mengantri saat akan melakukan pembayaran.

Hal itu tentunya membuat waktu transaksi berkurang, bahkan diklaim oleh Kementerian PUPR (Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat) jika waktu transaksi menjadi 0 detik saja karena tidak perlu berhenti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: