Cegah Resiko Penyakit dengan Skrining di Mobile JKN

Cegah Resiko Penyakit dengan Skrining di Mobile JKN

Cegah resiko penyakit dengan skrining di mobile JKN.-foto: istimewa-

BACA JUGA:Akselerasi Capaian UHC, BPJS Kesehatan Luncurkan Program Pesiar

“Saya baru tahu jika di Aplikasi Mobile JKN bisa dilakukan skrining online mandiri, kalau gini saya tidak perlu repot-repot datang ke fasilitas kesehatan untuk deteksi dini risiko penyakit saya,” ucap Ahyada.

Ahyada mengaku dirinya memiliki garis keturunan yang mengidap diabetes, oleh karena itu sebagai pribadi yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, Ahyada selalu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Pelaksanaan skrining riwayat kesehatan ini dapat dilakukan sebanyak satu tahun sekali. Jika hasilnya risiko rendah maka peserta akan disarankan untuk melakukan perilaku hidap sehat seperti dengan menjaga pola hidup sehat dan melakukan latihan fisik rutin minimal 30 menit sehari.

Namun, jika hasil skrinig menunjukkan risiko sedang atau tinggi maka disarankan mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk mengikuti skrining riwayat kesehatan lanjutan. Jika hasil diagnosis menunjukkan gejala tertentu maka akan ditangani secara lanjut.

BACA JUGA:Petugas Terapi RS AR Bunda Tolak Pasien BPJS, ini Kata BPJS Kesehatan Lubuklinggau

Selain melalui Aplikasi Mobile JKN, skrining ini juga bisa dilakukan melalui laman resmi BPJS Kesehatan di https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id dan peserta juga dapat memanfaatkan Chat Asistance JKN (CHIKA) pada nomor 08118750400. Namun, bagi peserta yang tidak dapat menggunakan kanal digital, skrining dapat dilakukan di FKTP melalui Aplikasi P-Care FKTP yang merupakan sistem pencatatan pelayanan di FKTP.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: