Penerimaan PPPK Tenaga Kesehatan 2023, Ada Ratusan Ribu Formasi di Seluruh Indonesia

Penerimaan PPPK Tenaga Kesehatan 2023, Ada Ratusan Ribu Formasi di Seluruh Indonesia

Ribuan formasi PPPK Tenaga Kesehatan 2023--Pexels

LINGGAUPOS.CO.ID – Tahun ini (2023) juga akan diterima Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga kesehatan. Totalnya ada ratusan ribu formasi untuk di seluruh Indonesia.

Nah, para tenaga kesehatan, sudah tahu belum kalian tentang syarat pendaftarannya, dan sistematikanya bagaimana? Kalau belum tahu, baca artikel ini sampai tuntas.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman live streaming Direktur Perencanaan Tenaga Kesehatan Dr. Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc, Selasa 29 Agustus 2023, dijelaskan beberapa hal.

Ia menjelaskan, seleksi akan dilaksanakan September 2023. Yang sesuai dengan jadwal BKN yakni dimulai pada 17 September 2023.

BACA JUGA:Motivasi untuk CPNS, Jadi PNS Bisa Kaya Kok, ini Buktinya, PNS Terkaya di Indonesia Kekayaannya Capai Rp1,6 T

“Untuk persiapan, sejak awal tahun sudah koordinasi dengan pemerintah daerah, melakukan perencanaan kebutuhan,” jelasnya.

“Jadi perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan, berkoordinasi dengan kami. Karena nanti pada saat penetapan formasi, ada sinkronisasi data dari Kementerian Kesehatan dengan data daerah. Saat nanti menentukan formasi itu menggunakan data dari kita Kementerian Kesehatan sehingga formasinya biar singkron yang dibutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, wakttu pendaftaran PPPK dan CPNS berbarengan.

PPPK dan CPNS ini sebenarnya bedanya apa, agar bisa memilih yang mungkin jabatannya itu bagaimana?

BACA JUGA:Sarjana Hukum Merapat, CPNS Mahkamah Agung 2023 Butuh, ini Syarat dan Formasinya

“Jadi ASN itu ada yang CPNS ada yang  PPPK. Untuk yang PNS sudah ada permintaan di Kementerian untuk Hakim Agung, Jaksa Agung harus PNS. Kemudian untuk yang lain itu memang PPPK termasuk tenaga kesehatan,” kata Sugiyanto.

Lalu apakah untuk PPPK ini adakah  golongan-golongan yang mungkin bisa naik jabatan setiap tahunnya?

“Untuk PPPK ini ada semacam pengangkatan selama 5 tahun dan kemudian nanti kalau dia melamar di jabatan atau jabatan tertentu,” katanya

“Misalnya sudah saya melamar jadi jabatan teramail dan menampilkan basicnya Diploma 3 atau  Akademi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: