Ustaz Abdul Somad: Dapat Oleh-oleh Air Zam-zam Jangan Langsung Minum, ini Cara dan Doanya

Ustaz Abdul Somad: Dapat Oleh-oleh Air Zam-zam Jangan Langsung Minum, ini Cara dan Doanya

Ilustrasi Air Zam-zam.--

LINGGAUPOS.CO.ID - Air Zam-zam adalah oleh-oleh wajib dari Tanah Suci dan saar meminumnya, ada doa minum air Zam-zam yang sebaiknya dipanjatkan.

Air Zam-zam merupakan suatu air yang dianggap suci oleh umat Islam. Hal tersebut dilihat dari berbagai aspek yakni penelitian termutakhir, konsep teologis dan historisnya.

Air Zam-zam sudah ada sejak zaman Nabi Ismail As diasingkan bersama ibunya di gurun pasir yang tandus, gersang dan jauh dari sumber air.

Salah satu oleh-oleh yang bisanya dibawa setelah dari tanah suci baik haji maupun umrah adalah air Zam-zam.

BACA JUGA:Senin 10 Juli 2023 Operasi Patuh Dimulai, ini 8 Pelanggaran yang Jadi Prioritas Penindakan dan Sanksi Hukumnya

Air Zam-zam bisa menjadi oleh-oleh yang waji di bawa dari tanah suci, karena air yang berasal dari Kota Makkah ini memiliki banyak keutamaan dibandingkan dengan air pada umumnya.

Namun saat mendapat oleh-oleh atau diberi air Zam-zam kita dianjurkan untuk tidak langsung meminumnya, namun dianjurkan berdoa dan mengikuti adab-adab dalam meminum air Zam-zam.

Terkait dengan hal tersebut, Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa air Zam-zam diperlakukan tergantung dengan niatnya.

Penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang adab disampaikannya dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal Youtube Ustadz Abdul Somad Official.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Sebut Kliennya Sakit, Bukan Mangkir, Dugaan Korupsi Disperkim Muba

"Air Zam-zam itu diminum sesuai dengan niat apa dia diminum," terang Ustaz Abdul Somad.

Hal tersebut menurut Ustaz Abdul Somad sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi:

"Air Zam-zam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya. (HR Ibnu Majah).

Namun, tentunya, khasiat yang didapatkan dari mengonsumsi air Zam-zam ini atas izin Allah SWT.  

BACA JUGA:24 Juli 2023 Jemaah Haji Lubuklinggau Pulang ke Tanah Air, ini Aktivitasnya

Dijelaskan Ustaz Abdul Somad, bila seseorang sakit kepala dan ingin menyembuhkannya menggunakan air Zam-zam, maka yang harus ia lakukan adalah menyiramkan air Zam-zam ke kepalanya sambil membaca doa.

Diambil air itu, disiram ke kepala karena orang itu sakit kepala," terang Abdul Somad.

Oleh karena menurut Ustaz Abdul Somad, agar bisa mendapatkan khasiat dari air Zam-zam tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan mulai dari diminum, diusapkan atau disiramkan.

"Diminum, diusapkan atau disiramkan," jelas Ustaz Abdul Somad.

BACA JUGA:Viral! Video 29 Detik Palak Curup Memanas, Ini Penjelasan Polres Rejang Lebong

Kemudian sebelum meminum air Zam-zam, kita dianjurkan untuk membaca doa minum air Zam-zam. Doanya adalah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

(Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin,".

Artinya:

BACA JUGA:24 Juli 2023 Jemaah Haji Lubuklinggau Pulang ke Tanah Air, ini Aktivitasnya

"Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmatMu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,".

Itulah penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang cara atau adab saat akan meminum atau menggunakan air Zam-zam agar mendapatkan khasiatnya. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bengkuluekspress.disway.id