Ini Keutamaan Mengunjungi Orang yang Baru Pulang Haji, Begini Penjelasan Buya Yahya

Ini Keutamaan Mengunjungi Orang yang Baru Pulang Haji, Begini Penjelasan Buya Yahya

Prof KH Yahya Zainul Ma'arif Lc MA PhD atau Buya Yahya.--

LINGGAUPOS.CO.ID - Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah telah usai, tentunya ada hal yang sangat dinantikan bersama warga muslim Indonesia yakni orang-orang yang mendapatkan kesempatan berhaji pulang ke tanah air.

Sudah menjadi tradisi di masyarakat kita bila ada orang yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji, kerabat, rekan atau tetangga akan bersilahturahim ke rumahnya.

Tujuannya adalah mencari berkah dan minta didoakan agar terampuni dosa-dosanya dan agar bisa juga menunaikan ibadah haji.

Dalam sebuah ceramahnya Prof KH Yahya Zainul Ma'arif Lc MA PhD atau Buya Yahya mengungkapkan bahwa orang yang menunaikan haji akan diampuni dosanya laksana bayi yang baru lahir.

BACA JUGA:Selama Jabat Kapolres Muratara, AKBP Ferly Rosa Putra Sudah Pecat Belasan Anggota Nakal

Terlebih lagi bila orang yang haji tersebut mendapat haji yang mabrur, maka tak lain balasannya kecuali surganya Allah SWT.

Hal tersebut disampaikan Buya Yahya dalam sebuah ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Al Bahjah TV.

"Banyak riwayat tentang orang yang lagi pulang haji itu akan diampuni dosanya, bahkan kalau orang haji mabrur itu tidak ada balasan baginya illal (kecuali) jannah," terang Buya Yahya.

Diungkapkan Buya Yahya, sebagai seorang muslim kita harus selalu berprasangka baik atau berhusnudzin kepada muslim lain yang baru selesai melaksanakan ibadah haji.

BACA JUGA:Hati-hati! Rusak Mika Jendela Pesawat Kena Denda Rp 2,5 Miliar

Berhusnudzon yang dimaksud oleh Buya Yahya tersebut salah satu percaya mereka tidak memiliki dosa. Vahkan menrut Buya Yahya kita dianjurkan untun meminta doa kepada mereka yang baru pulang menunaikan ibadah haji.

"Beliau insya Allah orang yang tidak punya dosa. Maka ketika mereka pulang kita datang kepada beliau untuk meminta doa," kata Buya Yahya.

Dalam kesempatan tersebut, Buya Yahya menyampaikan dia untuk orang yang menunaikan ibadah haji. Doa tersebut menurut Buya Yahya terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi.

Doa ini, menurut Buya Yahya kerap dibaca saat menyambut jemaah haji yang baru pulang ke tanah air. Doanya adalah:

BACA JUGA:Efek Positif Jika Tol Palembang – Bengkulu Sudah Jadi, Lubuklinggau Juga Mendapatkan Imbasnya

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِّ وَلِمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الحَاجُّ

 (Allâhummaghfir lil hâjj, wa li man istaghfara lahul hâjj,).

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dosa jamaah haji ini dan dosa orang yang dimintakan ampun oleh jamaah haji ini,".

BACA JUGA:Cerita Rakyat Musi Rawas, Tuah Negeri Pasang Strategi, Belanda Takut Dengan Busa Warna Merah

Diungkapkan Buya Yahya, mengunjungi orang yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji memiliki keutamaan sendiri. Salah satu keutamaan yang didapat dengan mengunjungi orang yang telah menunaikan ibadah haji adalah akan mendapat pengampunan dari Allah SWT melalui doa-doa orang yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji.

"Banyak riwayat. Itu artinya kami simpulkan boleh-boleh saja dan sangat diimbau untuk datang kepada orang haji karena husnudzon dia diampuni oleh Allah dan doanya dikabul. Nabi SAW mengatakan bahwasanya orang haji didoakan nabi doanya dikabul pengampunannya,"jelas Buya Yahya.

Menurur Buya Yahya, mengunjungi orang yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji sangat baik. Karena kita bisa meminta agar orang yang baru pulang haji tersebut agar memohonkan ampunan kita kepada Allah SWT

"Kemudian tampakkan kegembiraan menyambut karena sudah lama tak bertemu, kerinduan dan sebagainya. Ini hal yang baik. Seperti  itulah syariatnya. Jadi (berkunjung ke yang pulang haji) boleh saja," ungkap Buya Yahya.

BACA JUGA:Ini Jadwal Pembangunan Tol Lubuklinggau, yang Hubungkan Palembang dengan Bengkulu

Dalam kesempatan tersebut Buya Yahya menegaskan bahwa mengunjungi orang yang baru menunaikan ibadah haji adalah bid'ah.

"Bukan sebuah bid'ah. Bahkan ada anjuran nabi suruh datang bersalaman dan minta dimohonkan ampun kepada orang yang baru pulang haji," tegas Buya Yahya.

Demikianlah penjelasan dari Buya Yahya tentang keutamaan dari mengunjungi orang yang baru selesai menunaikan ibadah haji. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bengkuluekpress.disway