24 Juli 2023 Jemaah Haji Lubuklinggau Pulang ke Tanah Air, ini Aktivitasnya

24 Juli 2023 Jemaah Haji Lubuklinggau Pulang ke Tanah Air, ini Aktivitasnya

Foto bersama sebelum melaksanakan Ziarah Jabal Rahma serta Pasar Grosir Kakkiah.--

LINGGAUPOS.CO.ID - Pemulangan jemaah haji ke tanah air bertahap terus dilakukan.

 

Usai melaksanakan puncak haji, kini para jemaah haji melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) melaksanakan kunjungan ke Jabal Rahma dan Pasar Grosir Kakkiah.

 

Pukul 07.00 waktu Arab Saudi, Petugas Haji Kota Lubuklinggau juga Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya mengatakan para jemaah haji dari Lubuklinggau mulai berangkat melakukan kunjungan. Kali ini mereka kunjungan ke Jabal Rahma dan Pasar Grosir Kakkiah.

 

Kegiatan ini ungkap Rodi, dilakukan untuk mengisi waktu kosong jemaah haji Lubuklinggau sebelum mereka kembali ke Madinah 14 Juli 2023 mendatang.

BACA JUGA:Viral! Video 29 Detik Palak Curup Memanas, Ini Penjelasan Polres Rejang Lebong

 

“Pertama kami ke Jabal Rahma. Di sana banyak jemaah yang ambil foto dan berdoa. Lalu kita menemani rombongan jemaah haji ke Pasar Grosir Kakkiah. Ya untuk refresing sekaligus memberi kesempatan mereka yang ingin berbelanja,” ungkap Rodi, kemarin.

 

Di pasar, banyak jemaah yang memanfaatkannya untuk membeli oleh-oleh seperti pakaian, atribut haji dan lain-lain.

 

“Yang harganya cukup murah, karena pusat grosir. Di sini pedagangnya juga baik dan bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Saya sendiri juga ikut mencari barang-barang unik, salah staunya tadi sempat membeli peci buatan Banghlades,” jelasnya.

 

Seharusnya lanjut Rodi, masih ada beberapa tempat yang ingin mereka kunjungi.

BACA JUGA:Kabar Gembira! PLN Group Buka Lowongan Kerja, Dibuka 3-17 Juli 2023, Cek Syaratnya di Sini

 

“Sayangnya cuaca masih sangat panas, diatas 40 derajat. Mempertimbangkan kondisi jemaah haji, KBIHU putuskan hanya ke dua tempat ini dulu. Tadi saja ada juga jemaah yang hanya memilih di dalam bus karena dingin, sementara di luar panas. Bahkan ada beberapa jemaah khususnya jemaah lansia yang memilih tidak ikut, beristirahat di hotel. Kunjungan hari ini kita selesaikan sampai pukul 12.00 Waktu Arab Saudi,” tegasnya.

 

Saat ini lanjutnya, jemaah menginap di hotel yang pertama kali tiba dan sebelum ke Arafah. Mereka akan di sana sampai 14 Juli mendatang pulang ke Madinah. Lalu 24 Juli baru pulang ke tanah air.

 

Untuk besok, kebanyakan jemaah ditawari untuk melaksanakan umrah sunat atau mengumrahkan keluarga mereka.

 

“Ya selama menunggu kepulangan, aktivitas jemaah disini juga memperbanyak ibadah tapi diwaktu yang tidak panas seperti Subuh atau Maghrib dan Isya,” tambahnya.

BACA JUGA:30 Pelajar SMA dari 5 Kabupaten, Ikuti Pendidikan Bela Negara SKK Migas - Medco E&P Bersama TNI

 

Untuk kondisi kesehatan jemaah sendiri, saat ini rata-rata jemaah Lubuklinggau mengalami batuk dan pilek.

 

“Ya, banyak yang batuk dan pilek. Tapi tidak ada yang sampai dirawat. Kesehatan jemaah masih bisa ditangani dokter dan petugas kesehatan kita,” tegasnya.(Linggau Pos)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: