Sah, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Pada Kamis 23 Maret 2023

Sah, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Pada Kamis 23 Maret 2023

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Syawal 1444 H atau Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023.-Youtube Kementerian Agam-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama sudah menetapkan 1 Ramadan 1444 H.

Penetapan ini diumumkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam pers rilis yang ditayangkan Youtube Kementerian Agama, Rabu 22 Maret 2023 malam.

Ia menjelaskan bahwa sidang isbat penemuan awal Ramadan diawali dengan seminar yang menyampaikan posisi hilal.

“Setelah Magrib sidang isbat dimulai yang hasilnya akan saya sampaikan sebagai berikut,” kata Yaqut Cholil Qoumas.

BACA JUGA:Ulama 3 Mazhab Berpendapat Niat Puasa Ramadan Wajib Setiap Hari, Berikut Niat Puasa

Ia menjelaskan, Kementerian Agam dalam menetapkan awal bulan Qomariah khususnya bulan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah menggunakan mekanisme dan bermusyawarah dengan para pakar.

“Berdasarkan hisap posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan telah memenuhi kriteria, serta laporan rukyatul hilal tadi, kita bersepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 Masehi,” kata Menteri Agama.

Selain itu, Yaqut Cholil Qoumas juga berharap, dari hasil sidang isbat yang dilaksanakan dan disepakati, seluruh umat Islam Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan secara bersama-sama.

“Semoga ini menjadi simbol cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia. Kebersamaan ini juga mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita semua,” tambahnya.

BACA JUGA:Ini 7 Menu Takjil Rendah Kalori untuk Jaga Berat Badan Selama Bulan Ramadan

Terakhir Yaqut Cholil Qoumas berharap Ramadan ini menjadi momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariyah. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: