7 Tradisi Imlek di Sumatera Selatan, Saling Memaafkan dan Mudik, Nomor 7 Paling Disukai

7 Tradisi Imlek di Sumatera Selatan, Saling Memaafkan dan Mudik, Nomor 7 Paling Disukai

Persiapan perayaan Imlek di Vihara Vajra Bumi Silampari Lubuklinggau. Di Sumatera Selatan ada 7 tradisi yang dilakukan saat tahun baru Imlek--

“Saya dan keluarga biasanya gelar cia tok. Kita ngobrol terkait aktivitas keseharian. Intinya ini tradisi baik yang dirayakan setiap tahun,” katanya dikutip dari Sumatera Ekspres.

BACA JUGA:Vihara Vajra Bumi Silampari sudah Bersolek Jelang Imlek 2023, Ini Persiapannya

2. Mendoakan Leluhur

Pengusaha properti yang juga Ketua DPD REI Sumsel, Zewwy Salim mengatakan, hal utama di balik perayaan Imlek adalah mengucap syukur kepada Sang Pencipta. 

“Ada tradisi turun temurun yang dijalankan. Biasanya, dua hari atau sehari sebelum hari H, bersama keluarga akan melakukan sembahyang kepada leluhur. Bisa di rumah atau tempat ibadah,” ujarnya, Jumat 20 Januari 2023.

Dalam ibadah itu, biasanya disertai doa agar di tahun baru diberikan kemudahan, kelancaran dan rezeki berlimpah. Juga keselamatan dan kesehatan. 

“Biasanya sebelum Imlek, kita kumpul keluarga dan makan bersama,” kata Zewwwy.

BACA JUGA:Muffin Karamel Kue Keranjang Camilan Istimewa Imlek, Ini Resepnya

3. Mengenakan Busana Merah dan Makan Menu Ikan

Tradisi dalam jamuan makan malam keluarga, ada menu ikan. Biasanya juga mengenakan busana merah. Menandakan semua anggota keluarga menyongsong hari gembira. 

“Makan sambil bersenda gurau, ceria,” bebernya. Harus ada ikan karena itu simbol makanan bergizi. Khusus ikan bandeng, lambang harapan dan keberuntungan. Selain itu, ada juga daging.

“Jika belum vegetarian, banyak sekali makanan yang akan disajikan. Termasuk ayam,” tutur Zewwy. Selain makanan bersama, ada juga tradisi beri angpau dari yang tua kepada yang muda.   “Angpau diberikan orang tua kepada anak-anak yang belum dan sudah menikah. Untuk nilai tidak dilihat, yang dilihat adalah warna merahnya,” kata dia.

BACA JUGA:Rayakan Imlek Bareng Keluarga, Ini 5 Rekomendasi Restoran Chinese Food di Jakarta

4. Momen Instrospeksi Diri 

Bagi Tjik Harun dan keluarga, Imlek menjadi momen untuk introspeksi diri setelah menjalankan kehidupan satu tahun terakhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumateraekspres.bacakoran.co