Wajib Anda Coba, Ini 15 Kuliner Terbaik di Palembang

Wajib Anda Coba, Ini 15 Kuliner Terbaik di Palembang

Pemilik usaha kuliner Palembang yang meraih Sumsel Best Choice Culinary 2022 foto bersama dengan Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal, Ketua PHRI Sumsel Kurmin Halim, owner Kopi Darat Yudha Rinaldi.-salamun/radar palembang---

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1337 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit.

Menurut Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang.

Palembang merupakan ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang terkenal akan keberagaman wisata maupun kulinernya. 

Sebagai kota tertua di Indonesia, Palembang memiliki segudang makanan khas yang bisa kita cicipi jika berkunjung kesana.

BACA JUGA:Rina Prana, Istri Wali Kota Lubuklinggau Daftar DPD RI

Makanan khas Palembang yang populer bukan hanya pempek, ada banyak sekali dan wajib dicicipi. Kuliner lokal khas Palembang selain memiliki cita rasa yang lezat dan Indonesia banget, nama-namanya sangat unik.

Yuk, simak rekomendasi 15 kuliner Palembang yang bisa jadi pilihan terbaik, saat bersama keluarga atau hanya sekadar mengisi waktu luang.

- Ada Dapur Neka

- Kedai Siru

BACA JUGA:Youtuber Lubuklinggau Dituntut Hukuman Penjara, Hanya Karena ini

- Noii’s Diet Catering-

- Tudung Saji by Esme

- Es Coklat Saranghaeyo

- Soto Jakarta Bang Edo

BACA JUGA:Alat Puruhito

- Wanaka

- Pempek Ummah

- Di Bali In

- Foodpedia Perwari 14

BACA JUGA:Jelang Tahun Baru, PWI Peduli Salurkan Beras ke Warga Palembang

- Ikan Bakar GEGANA

- Pondok Brownies Aisyah

- Pondok Tince

- MauQu

BACA JUGA:Penghujung 2022, SKK Migas – Medco E&P Berhasil Temukan Gas di Sumatera Selatan

- Bake House

Pemilihan kuliner Palembang terbaik ini berdasarkan tim seleksi Radar Palembang, yang dirangkum dalam even Sumsel Best Choice Culinary 2022.

Acara berlangsung di Kopi Darat Jakabaring, Selasa, 27 Desember 2022.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, sangat mendukung gelaran Sumsel Best Choice Culinary 2022 ini.

BACA JUGA:Depresi Hingga Jantung Loh, Bahaya Ini 13 Dampak Bagi Penggemar Makanan Cepat Saji

Berbagai kuliner Palembang mewarnai gelaran, yang khusus untuk memberikan apresiasi bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ini.

Direktur Radar Palembang Yunita Ayu mengatakan,“Kriteria utama pemilihannya adalah mereka yang selama ini selalu melibatkan media, baik itu cetak, online, maupun medsos,” bebernya.

Sehingga, jelas dia, kuliner Palembang pun menjadi sangat beragam. Tidak hanya tradisonal, mereka yang bergerak di makanan modern pun menjadi yang terbaik.

Melihat beragamnya kuline Palembang ini, bisa menjadi pilihan pas untuk menikmati suasana di Bumi Sriwijaya. Dapur Neka misalnya, yang awalnya merupakan jajanan khusus sarapan pagi, berkembang menjadi restoran dengan ciri khas otentiknya, yaitu masakan Minang.

BACA JUGA:2023 Tidak Ada Lagi PPKM, ini Penjelasan Jokowi

Kuliner lain pun punya kelebihan masing-masing, mulai dari penamaan yang memiliki kandungan kata khas Palembang seperti Kedai Siru yang berarti heboh, ada juga  Noii’s Diet Catering yang memiliki positioning sebagai penyedia makanan diet di Kota Palembang.

Sumsel Best Choice Culinary 2022 pun, menjadi wadah komunikasi pelaku usaha kuliner Palembang. Saat sesi talkshow yang menghadirkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahriza, owner Kopi Darat Yudha Rinaldi, dan pemilik Dapur Neka, menjadi kesempatan untuk saling bertukar informasi.

Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal bahkan menyebut, industri wisata memiliki peluang besar mendatangkan devisa.

“Salah satu pintu masuk wisata adalah kuliner, karena itu kita harus pandai memfaatkan peluang ini,” katanya di sesi talkshow yang dipandu Ketua Dewan Redaksi Radar Palembang Yurdi Yasri dan wartawan ekonomi Henny Efendi ini.

BACA JUGA:Warung Soto Legendaris Mas Didit Lubuklinggau, Ternyata Ini Keistimewaannya, Rugi Kalau Tidak Mencoba

Sementara itu, Ketua PHRI Sumel Kurmin Halim juga menyambut baik even Sumsel Best Choice Culinary 2022. Bahkan pemilik Express Bahari ini mengakui, pengusaha atau pelaku usaha kuliner memang sudah seharusnya melibatkan media.

“Media menjadi corong positif untuk menyampaikan pesan. Apalagi di era digital seperti sekarang, kecepatan media menjadi sangat menentukan,” tegasnya.

Sumsel Best Choice Culinary 2022 sebagai ajang apresiasi kepada pelaku usaha kuliner Palembang, secara langsung menjadi ajang inspirasi bagi yang lain.

Suasana Sumsel Best Choice Culinary 2002 di Kopi Darat Jakabaring berlangsung santai namun meriah. Selain suasana yang sangat mendukung dengan nuansa Bali, banyaknya game dari panitia, membuat peserta menjadi sangat antusias.

BACA JUGA:Makanan Siap Saji, Junk Food Vs Fast Food Mana yang Bahaya Bagi Kesehatan

Bahkan Ketua PHRI Kurmin Halim, secara spontan memberikan tiket gratis PP ke Bangka bagi lima undangan yang beruntung. Belum lagi vocer makan dari owner Kopi Darat Yudha Rinaldi, yang membuat peserta makin senang. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarpalembang.disway.id