Wajib Dikunjungi, 9 Destinasi Wisata di Kabupaten Musi Rawas

Wajib Dikunjungi, 9 Destinasi Wisata di Kabupaten Musi Rawas

Perahu Wisata yang ada di Danau Aur. Rhoma Irama dijawalkan makan siang di perahu wisata pada Minggu 15 Januari 2023--

MUSIRAWAS, LINGGAUPOS.CO.IDKabupaten Musi Rawas merupakan salah satu daerah tingkat II. Ibu kota Kabupaten Musi Rawas adalah Muara Beliti yang sebelumnya Lubuklinggau.

Dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2001 Tentang Pembentukan Kota Lubuklinggau, maka Lubuklinggau yang selama ini berkedudukan sebagai ibukota Kabupaten Musi Rawas, telah berdiri sendiri sebagai pemerintahan Kota Lubuklinggau. 

Selanjutnya Berdasarkan Keputusan DPRD Kabupaten Musi Rawas Nomor 08 tahun 2004 tentang Persetujuan Usul Nama Ibukota dan Lokasi Pusat Pemerintahan, maka pusat pemerintahan Kabupaten Musi Rawas berpindah ke Muara Beliti. 

Jika kalian tengah berlibur ke Sumatera Selatan (Sumsel), belum lengkap apabila tidak berkunjung ke Kabupaten Musi Rawas (Mura).

BACA JUGA:Kisah Cinta Pemuda Muara Enim Sumatera Selatan Bikin Geregetan, Berakhir di Balik Jeruji Besi

Musi Rawas merupakan kabupaten yang punya banyak tempat wisata menarik untuk anda kunjungi.

Destinasi wisata di Mura Sumabelum banyak yang tahu, karena kurangnya promosi wisata di daerah ini.

Namun, sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keindahan pesona wisata dari Bumi Serasan Sekentenan ini.

Nah, bagi kamu berencana untuk menghabiskan waktu liburmu dengan mengunjungi tempat wisata, sebaiknya Anda berkunjung ke Musi Rawas.

BACA JUGA:Selain Harga Rokok Naik, 2023 Dilarang Jual Rokok Batangan

Sebab, di daerah ini memiliki pesona alam yang dapat membantu kamu menghilangkan penat serta menenangkan pikiran di tengah peliknya kesibukan sehari-hari kamu.

Jika anda belum mendapatkan gambaran tentang wisata di daerah ini, berikut ada 9 rekomendasi tempat wisata di Musi Rawas yang wajib untuk anda kunjungi saat liburan akhit tahun.

1. Danau Aur

Objek wisata Danau Aur terletak di Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas sudah sangat familiar bagi kalangan masyarakat setempat. Objek wisata ini menjadi salah satu potensi wisata alam andalan Bumi Lan Serasan Sekentenan.

BACA JUGA:Viral di Media Sosial Video Klarifikasi Si 'Wanita Emas' Soal Pelecehan

Untuk mengunjungi destinasi wisata air ini yang terletak tidak jauh dari Kota Lubuklinggau, kita hanya butuh jarak tempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan untuk sampai di tempat ini.

Ketika tiba di lokasi, sepasang mata pengunjung akan dimanjakan oleh hamparan pesona alam danau dan dipercantik di tengah-tengah danau terpampang sebuah pulau dengan rimbunnya puluhan pohon karet.

Di sini pengunjung bisa menikmati keberadaan belasan rumah makan terapung yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling menikmati pemandangan Danau Aur. Di tempat ini juga, pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang Danau Aur. Sedangkan untuk anak-anak tersedia wahana permainan seperti kereta dan perosotan.

Dengan luas sekitar 40 hektar dan sedalam 20 meter, danau ini mulai direvitalisasi pada 2011 silam. Danau Aur merupakan induk irigasi dari Sungai Aur yang berfungsi untuk mengaliri sawah masyarakat Sumber Harta.

BACA JUGA:Siap-siap, Mulai 2023 Beli LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP

Karena keindahannya objek wisata ini, sangat ramai dikunjungi setiap akhir pekan dan hari-hari libur. Bahkan, Danau Aur sering dijadikan tempat untuk prewedding para calon pengantin.

2. Desa Wisata Srimulyo Edu Park "Desa Petualang"

Desa wisata Srimulyo adalah sebuah destination wisatawan yang sangat strategis, dimana lokasinya sangat dekat dengan jangkauan, keanekaragaman suku dalam satu desa, berbagai etnik kebudayaan menyatu dengan masyarakat, serta pemandangan alam nuansa pedesaan dikelilingi bukit barisan yang sangat menakjubkan.

Desa yang berada 29 KM dari pusat kota Lubuklinggau provinsi Sumatera Selatan, memiliki spot-spot ysng menarik untuk dikunjungi baik itu spot sunset, untuk pendakian bukit besak, wisata budaya, apalagi di dukung dengan fasilitas-fasilitas yang memadai seperti tempat ibadah, lahan parkir, kantin, Camping Ground, Panggung Alam, Home Stay dan lainnya.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, 11 Destinasi Wisata Religi Terbaik di Palembang

Ditambah lagi, Desa Srimulyo ini bisa di akses dengan berbagai jenis transportasi, semua layanan tersedia di pusat kota, baik Bandara, Stasiun maupun terminal. Begitu pula dengan tempat transit dari motel sampai hotel berbintang tersedia di pusat kota.

Bagi wisatawan dari luar daerah yang berminat menginap dengan nuansa hidup rukun dengan masyarakat, juga ada Home Stay di wilayah desa Srimulyo.

3. Bukit cogong

Tempat wisata satu ini terletak di kawasan cagar alam di Desa Sukakarya. Untuk bisa tiba di tempat ini hanya butuh 1 jam jika perjalanannya dari Lubuklinggau. Jalan yang sudah beraspal tentu akan membuat pengunjung mudah mengakses tempat ini.

BACA JUGA:Ayo Kunjungi Danau Aur, Hanya Rp5 Ribu Anda Dapat Fasilitas Mobil VW Pak Camat

Buat para pecinta alam juga bakal betah di kawasan ini karena memang alamnya yang masih benar-benar alami, pepohonan rindang dengan batu besar yang ada di sekelilingnya.

Bukit ini juga memiliki air terjun yang kecil dengan air yang dikeluarkan dari bebatuan besar dan ada tempat untuk beristirahat yang cukup dekat dengan air terjun.

Fasilitas lain yang diberikan di tempat ini yakni warung-warung yang ada di pintu masuk. Karena fasilitas yang banyak inilah membuat Bukit Cogong menjadi tempat untuk camping serta Outbond.

4. Air Terjun Satan

BACA JUGA:Catat Jadwal Masuk Semester 2 Sekolah Dasar 2023

Air terjun satu ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Kabupaten Musi Rawas dan menjadi wisata yang mendapatkan perhatian penuh dari pemda setempat baik itu infrastrukturnya ataupun fasilitas yang akan diberikan kepada para wisatawan yang hadir berkunjung.

Tentunya, hal ini dikarenakan keindahan dari air terjun yang benar-benar indah dengan ketinggian sekitar 8 meter dan lokasinya sangat mudah dijangkau. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Satan tak hanya dari mereka yang suka wisata petualangan tapi juga yang datang bersama keluarga pun banyak di tempat ini.

Air Terjun Kati terletak di tengah-tengah aliran sungai yang memiliki suasana indah dimana disekelilingnya terdapat pepohonan hijau.

Banyak wisatawan yang tertarik datang ke tempat ini karena memang keindahannya yang sulit diungkap dengan kata-kata. Air Terjun Kati memiliki air yang berasal dari aliran Sungai Kati di Bukit Barisan jadi tak hanya jernih tapi suhu air disini juga dingin.

BACA JUGA:Jadwal Salat Fardu dan Duha Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara, Selasa 27 Desember 2022, Serta Niat Salat

Lokasinya sendiri di Desa Durian Remuk berbatasan langsung dengan Lubuk Linggau dan Bengkulu. Untuk bisa ke tempat ini, Anda harus memiliki jiwa petualang dikarenakan harus jalan kaki dan melewati kawasan hutan yang cukup terjal.

6. Curug Tinggi

Di Musi Rawas ada yang namanya air terjun Curug Tinggi yang berlokasi di Desa Taba Remanik.

Untuk tiba ke tempat ini Anda harus menempuh sejauh 2 km dengan menggunakan motor karena sudah ada jalan setapak yang dibuat di tempat ini.

BACA JUGA:Ingin Menambah Nafsu Makan? Konsumsi 4 Makanan Khas Sumatera Selatan Ini

Tempat wisata menarik ini memliki keindahan alam yang masih sangat alami dengan empat buah titik air terjun berukuran kecil dan besar. Ada yang tingginya 30 meter, 50 meter dan ada juga yang tingginya 20 meter.

7. Gua Batu Napalicin

Gua Batu Napalicin termasuk tempat wisata di Musi Rawas yang harus Anda kunjungi.

Gua satu ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan dimana terdapat stalakmit dan stalagtit dan relief alami di dinding gua.

BACA JUGA:Viral di Medsos, H-1 Pria Gagal Nikahi Gadis OKU Sumatera Selatan, Gara-gara Mahar Kurang Rp700 Ribu

Gua yang terletak di atas bukit dengan ketinggian 20 meter dari jalan dan memiliki empat lorong yang menjadi penghubung 4 bukit yakni Bukit Semambang, Bukit Payung, Bukit Batu dan Bukit Karang Nato.

Saat berada di dalam Gua Batu Napalicin, Anda akan disuguhi keindahan alam berselimut dengan misteri dimana sepanjang orong gua hanya diterangi sedikit dari cahaya matahari yang masuk lewat sela dinding gua.

Ada juga obor di dalam gua yang dipasang di beberapa titik yang berguna untuk menerangi bagian tempat yang gelap. Anda akan merasakan tetesan air yang jatuh sesekali dari dinding atas gua serta kelelawar yang akan berterbangan nanti.

8. Curug Panjang Durian Remuk serting

BACA JUGA:Insan Pers di Bumi Silampari Ayo Ikuti Lomba Gaple Balak 12 Series #3, Cek Lokasi Pendaftarannya

Curug Panjang Durian Remuk serting disebut Curug Panjang karena bentuk air terjunnya yang tidak tinggi seperti air terjun umumnya melainkan memanjang dan terlihat begitu eksotis.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena memang objek wisata ini mudah dijangkau serta fasilitas yang disediakan pun lengkap. Jadi di tempat ini ada parkir yang luas, kamar mandi dan juga warung yang menyuguhkan berbagai jenis makanan lezat.

9. Air Terjun Tengkuyung

Meskipun berada di kawasan hutan, namun akses ke Air Terjun Tengkuyung ini cukup mudah.

BACA JUGA:Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Siswa SMP, Kasat Reskrim Musi Rawas Terima Penghargaan

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini terutama yang hobby hiking atau juga trail adventure.

Pesona yang ditawarkan di air terjun ini tak hanya kealamian dari sekitar air terjun tapi juga pengunjung akan merasakan hal yang menarik saat masuk ke kawasan hutan.(Berbagai sumber)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: