Michele Pirro: Test Rider Pahlawan Ducati, Menderita di Era Valentino Rossi, Berjaya di Era Pecco Bagnaia

Michele Pirro: Test Rider Pahlawan Ducati, Menderita di Era Valentino Rossi, Berjaya di Era Pecco Bagnaia

Pirro, yang sempat semusim berlaga di MotoGP 2011 bersama Honda Gresini,-twitter.com/motogp/-

LINGGAUPOS.CO.ID - Pecco Bagnaia dan Ducati Corse sukses menjuarai MotoGP 2022.

Kemenangan itu tak hanya terwujud berkat talenta Bagnaia sendiri dan tangan dingin sang General Manager, Gigi Dall'Igna, yang mendesain Desmosedici dengan apik serta keuletan sang test rider, Michele Pirro, yang punya berperan besar.

Michele Pirro yang digaet sebagai test rider pada akhir 2012 oleh Ducati Corse yang kala itu masih dipimpin Bernhard Gobmeier, memang gagal membantu Valentino Rossi menjadi juara dunia. Sampai sekarang, Pirro pun masih menjadi test rider utama Ducati di MotoGP.

Pirro awalnya tak sreg sekadar jadi test rider, karena ingin jadi pembalap MotoGP seutuhnya. Namun, Ducati berhasil membujuknya untuk tetap jadi test rider, dengan iming-iming wildcard di MotoGP dan WorldSBK, dan berkompetisi secara penuh di CIV Superbike, yang ia juarai pada 2022.

BACA JUGA:Valentino Rossi: Ingin Kejar Ducati, Yamaha Berbenah!

Mulai Kerja Bareng Ducati pada Masa Sulit

"Gelar lain (MotoGP) lebih penting dari gelar saya sendiri, dan kami sudah menunggu momen ini sejak lama. Dibanding bertahun-tahun lalu, kini saya datang dengan langkah-langkah yang jauh lebih ringan! Ini musim yang menegangkan, tetapi fantastis dan saya bahagia," ujarnya via GPOne, Senin 19  Desember 2022.

Pirro, yang sempat semusim berlaga di MotoGP 2011 bersama Honda Gresini, harus kerja ekstra keras sejak pertama kali menjajal motor milik Rossi. Namun, berkat kolaborasi yang baik dengan para insinyur dan teknisi Ducati, gelar dunia akhirnya diraih bersama Bagnaia satu dekade kemudian.

"Saya mulai bekerja dengan Ducati pada masa-masa sulit. Desmosedici pertama yang saja jajal adalah versi 2012, dari era Vale. Bersama-sama dengan para kru, kami membantu merakit Ducati menjadi motor terbaik dan paling mencuri perhatian. Ini adalah kepuasan tinggi," curhati Pirro.

Penyebab Valentino Rossi Gagal Juara Bareng Ducati

Menjadi saksi utama evolusi Desmosedici juga membuat Pirro menyadari apa yang bikin Rossi gagal menjadi juara dunia bersama Ducati. 

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: Messi Pemain Terbaik, Argentina Panen Penghargaan

"Saat saya mencoba motor 2012, saya paham mengapa Vale gagal meraih target kompetitif. Dengan motor itu, ketika masuk ke tikungan, Anda takkan tahu bisa keluar atau tidak," tuturnya.

"Ban depannya tidak memberikan rasa percaya diri. Para rider normal yang berkendara dengan ban depan seperti Vale dan Jorge Lorenzo, pasti kesulitan. Di lain sisi, Casey Stoner berkendara dengan ban belakang karena ia datang dari arena dirt track. Vale pun tak bisa membuat perbedaan", jelas Pirro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: