Saat Hamil Disarankan Jangan Tidur Terlentang, Ini Alasannya

Saat Hamil Disarankan Jangan Tidur Terlentang, Ini Alasannya

Saat Hamil, Sang Ibu Tidak Boleh Tidur Telentang -Foto/Pixabay/Marncom---

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Selama kehamilan, menjadi hal yang umum terjadi ketika ibu berusaha menemukan posisi tidur yang baik agar merasa nyaman.

Ditambah, ibu biasanya mengalami masalah atau keluhan saat hamil sehingga menambah rasa tidak nyaman dan sulit tidur.

Tidur telentang mungkin terasa nyaman karena tidak terganjal dengan perut yang membesar.

Saat Hamil, seorang Ibu akan sangat sulit mendapatkan Tidur yang berkualitas. Padahal Tidur sendiri sangat dibutuhkan demi membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Apalagi saat Ibu Hamil memasuki trimester Kedua, dimana sang Ibu akan lebih sulit mendapatkan rasa nyaman saat Tidur.

BACA JUGA:Aksi Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Terduga Pelaku Seorang Laki-laki Tewas di Tempat

Berbeda dengan orang yang tidak Hamil, Ibu Hamil harus benar – benar memperhatikan posisi saat dirinya Tidur. 

Itu agar ketika Tidur, Janin yang berada di dalam kandungan tidak berbahaya dan akan tumbuh dengan sehat. Jadi sebenarnya, bagaimana Posisi Tidur yang pantas bagi seorang Ibu Hamil? Simak penjelasan berikut ini.

Tidak Disarankan Tidur Telentang

Saat Hamil, Posisi tidur harus benar-benar diperhatikan dan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan saja. Karena ruang rahim pada wanita tersebut akan membesar sampai 500 kali lipat.

BACA JUGA:Ledakan di Polsek Astana Anyar Bandung, Ada Potongan Tubuh Manusia

Kemudian, berat rahim ikut meningkat hingga 20 kali lipat ketika dibandingkan dengan saat belum Hamil. 

Selain itu, ketebalan dari dinding rahim akan mengalami peningkatan. Ketika memasuki bulan akhir masa kehamilan, berat rahim dan isinya akan semakin bertambah berat.

Nah, pembuluh darah besar misalnya aorta, dapat menjadi semakin tertekan karena peningkatan berat rahim tersebut. 

Keadaan tersebut pastinya akan sangat berbahaya jika dialami oleh seorang Ibu Hamil bahkan bagi sang Bayi juga. Penekanan yang terjadi itu akan menjadikan sirkulasi darah ke jantung akan terganggu.

BACA JUGA:Skema 8 Besar Piala Dunia 2022: Siapa Lawan Siapa?

Maka dari itulah seorang Ibu Hamil harus benar- benar memperhatikan posisi tidurnya dengan benar. Posisi Tidur Telentang juga sangat tidak disarankan untuk Ibu Hamil, karena biasanya akan membuat sang Ibu menjadi merasa sesak.

Selain sesak, Ibu Hamil Tidur Telentang juga memiliki risiko terkena nyeri punggung, pusing, tekanan darah rendah, wasir, dan masalah pencernaan lainnya. 

Menurut Pakar Kesehatan dalam bidang Kehamilan, Ibu Hamil yang Tidur Telentang juga dapat membahayakan sang Bayi di dalam Kandungan. 

Karena saat Tidur Telentang, beban dari rahim yang Ibu Hamil Miliki akan membuat sirkulasi darah ke jantung menjadi semakin lambat. 

BACA JUGA:Hasil Portugal vs Swiss: Skor 6-1, Portugal Hadapi Maroko

Itulah yang akan membuat Jantung menjadi kesulitan memompa darah ke tubuh termasuk ke sang Bayi.

Sedangkan kita semua tahu bahwa darah sendiri sangat diperlukan oleh sang Bayi sebagai salah satu sumber zat gizi dan juga oksigen. 

Sirkulasi darah yang terganggu juga dapat menyebabkan ketidakstabilan detak jantung dari sang Bayi. Gangguan seperti itu bisa mulai terjadi ketika masa kehamilan memasuki timester kedua.

Posisi Tidur Yang Ideal Untuk Ibu Hamil

BACA JUGA:Hasil Maroko vs Spanyol: Skor 0-0 (pen. 3-0), Maroko Melenggang ke Perempat Final

Bagi para Ibu Hamil yang masih bingung dengan Posisi Tidur Ideal Bagi Ibu Hamil, dapat mencoba Tidur dengan posisi menyamping menghadap ke kiri. Karena dengan posisi ini, tubuh dan sang Bayi yang berada di dalam kandungan akan menerima sedikit tekanan dibandingkan dengan Posisi Tidur yang lain. 

Selain itu, beban yang terjadi pada rahim akan dipindah ke sisi Ibu serta membuat  organ tubuh lainnya seperti perut menjadi tidak tertekan. 

Posisi Tidur menyamping menghadap ke kiri juga dapat memperlancar sirkulasi darah dari Ibu Hamil.

Bagi yang masih takut Posisi Tidur akan berubah – ubah saat Tidur Pulas, kalian dapat mulai membiasakan diri Tidur Menyamping semenjak sekarang. 

BACA JUGA:Tuhan Uang

Agar kalian mendapatkan kenyamanan yang lebih saat tidur, ganjallah perut kalian menggunakan bantal. Selain itu, untuk menambah rasa nyaman lagi, kalian bisa membeli bantal yang dikhususkan bagi Ibu Hamil. 

Beberapa Hal Penyebab Kenyamanan Tidur Ibu Hamil Terganggu

Ketika Hamil, Sulit Tidur merupakan hal yang sangat wajar. Hal tersebut biasanya dikarenakan semakin besarnya janin yang berada di dalam kandungan. 

Selain itu, ada juga beberapa gangguan yang dirasakan ketika sedang hamil, dan itu adalah :

BACA JUGA:Liga 1 2022: Prediksi Persik Kediri vs Persib Bandung: Ambisi Macan Putih Keluar dari Zona Degradasi

1. Buang Air Kecil

Ketika seseorang sedang Hamil, organ ginjal yang berada di dalam tubuh akan menjadi lebih keras bekerjanya dalam hal penyaringan volume darah yang semakin meningkat. 

Hal tersebut akan membuat sang Ibu lebih sering ingin buang air kecil. Lalu seiring berjalannya masa kehamilan, akan terjadi peningkatan terhadap kandung kemih.

2. Punggung Menjadi Sakit

BACA JUGA:Liga 1 2022: Prediksi Dewa United vs Arema FC: Upaya Keras Kembalikan Level Terbaik

Merasa Punggung sering sakit ketika sedang Hamil? Itu semua dikarenakan Bertambahnya Berat Badan pada masa kehamilan yang memicu Sakit Punggung. Selain punggung, kaki kalian juga akan merasa sering sakit saat kalian sedang Hamil. 

3. Pencernaan Terganggu

Pencernaan pada Ibu Hamil juga akan semakin terganggu dan bisa menjadi salah satu penyebab tidak nyamannya tidur. Keluhan yang banyak terjadi pada Ibu Hamil perihal pencernaan ini, salah satunya ialah naiknya asam lambung ke tenggorokan. 

Naiknya asam lambung ke tenggorokan tersebut, dapat menyebabkan munculnya iritasi yang juga membuat sensasi rasa membakar pada tenggorokan sampai dada dan nyerinya ulu hati. 

BACA JUGA:Hasil Persis Solo vs RANS Nusantara: Hujan Gol, Laskar Sembernyawa Gilas RANS

Mengapa Asam Lambung bisa menjadi naik? Tentu saja itu dikarenakan lambatnya kinerja dari sistem pencernaan Ibu Hamil. Sembelit juga sering terjadi pada Ibu Hamil.

Bagaimana, sekarang sudah tahu bukan bahwa Ibu Hamil sangat tidak disarankan untuk Tidur Telentang. 

Bagi kalian yang mengalami kehamilan, mulailah mencoba Tidur dengan menyamping menghadap ke kiri. Lalu, tetap jaga kesehatan kalian agar sang Janin dapat tumbuh dengan sempurna dan lahir dengan sehat.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Ibu Hamil Tidak Disarankan Tidur Terlentang, Ini Alasannya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id