Tips Hilangkan Stres Sebelum Tidur, Salah Satunya Kurangi Kafein dan Alkohol

Tips Hilangkan Stres Sebelum Tidur, Salah Satunya Kurangi Kafein dan Alkohol

Penyebab Susah Tidur pada Malam Hari--Freepik/rawpixel.com--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Stres dapat berdampak besar pada tidur Anda dan kemungkinan besar Anda akan sulit tidur saat mengalami masa stres.

Kita semua mengalami beberapa tingkat stres saat menjalani hidup dan seringkali tidur malam yang nyenyak adalah yang dibutuhkan untuk merasa baik-baik saja di hari kemudian.

Stres dan tidur menjadi dua hal yang dapat dikatakan sangat terkait erat.

Tidur yang baik dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda dan mengalami stres benar-benar dapat memengaruhi tidur Anda.

BACA JUGA:Ketahuan Bobol Rumah Polisi, Devi Hendak Menusuk

Namun, terkadang, tingkat stres dapat menguasai kita, membuat kita menatap langit-langit pada pukul 2 pagi dan tidak bisa tidur.

Akan tetapi ada apa dengan stres yang mengganggu tidur? Mari lihat bagaimana stres dan tidur terkait dan bagaimana meningkatkan kualitas tidur dapat membantu mengurangi kecemasan, stres, dan suasana hati yang buruk.

Dilansir dari laman sleepstation, berikut 4 cara mendapatkan tidur terbaik untuk menghilangkan stres sebelum tidur. 

1. Berolahraga

BACA JUGA:Khusnul Nusakambangan

Olahraga adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Faktanya, olahraga siang hari meningkatkan kebutuhan tidur Anda dan dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik. Bagi sebagian orang, olahraga berat yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur, tetapi bagi orang lain mungkin tidak memengaruhi kemampuan mereka untuk tertidur.

Selama Anda memperhatikan jenis olahraga dan efeknya pada Anda, Anda masih bisa berolahraga di malam hari tanpa mengganggu tidur Anda. Pastikan Anda memberikan waktu yang cukup bagi tubuh Anda untuk benar-benar dingin setelah berolahraga dan sebelum tidur.

Lebih baik melakukan kardio atau olahraga intens di pagi hari meskipun beberapa peregangan ringan atau yoga sebelum tidur dapat membantu Anda bersantai.

Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari akan membantu Anda tidur dan jika Anda bisa keluar di bawah sinar matahari itu lebih baik!

BACA JUGA:Satu Tersangka Pengeroyokan Keamanan Pasar Lubuklinggau Ditangkap, ini Orangnya

2. Cobalah beberapa perhatian

Perhatian dan meditasi keduanya menjadi sangat populer dan untuk alasan yang baik.

Teknik yang melibatkan pendekatan ini memungkinkan Anda untuk rileks dan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat pernapasan, yang keduanya meningkat karena stres.

Memberi otak Anda waktu untuk bersantai dan beristirahat adalah cara yang bagus untuk membuat Anda siap tidur.

BACA JUGA:Pantang Terjegal Pada Babak Awal

Disarankan untuk melakukan pemindaian tubuh, di mana Anda berbaring dan fokus pada setiap bagian tubuh Anda dari ujung kaki ke atas.

Anda dapat memperhatikan bagaimana setiap bagian tubuh terasa atau apakah ada rasa sakit atau sensasi yang terkait dengan area itu.

Setelah Anda selesai, Anda mungkin akan terkejut betapa santainya perasaan Anda.

Jika Anda terbangun di malam hari dan berfokus pada pikiran yang membuat stres, pendekatan yang menggunakan perhatian dan meditasi dapat digunakan sebagai teknik pemblokiran pikiran untuk membantu Anda menenangkan pikiran di malam hari dan memungkinkan Anda kembali tidur.

BACA JUGA:Rakor Forkopimda se Sumsel di Lubuklinggau, Gubernur: Sikapi Pemilu Sejak Dini

3. Kurangi kafein dan alkohol

Minum segelas anggur atau bir setelah hari yang panjang mungkin terasa membantu Anda bersantai, tetapi hanya sedikit alkohol dapat memengaruhi tidur Anda.

Topi malam dapat membantu Anda tertidur ketika kepala Anda menyentuh bantal, tetapi kualitas tidur yang Anda dapatkan kemungkinan akan jauh lebih buruk.

Meskipun alkohol dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan dapat menyebabkan fase tidur yang lebih dalam (setidaknya pada awalnya), alkohol dapat menekan fase tidur penting lainnya seperti tidur gerakan mata cepat (REM).

BACA JUGA:Keamanan Pasar Lubuklinggau Ditusuk, Videonya Viral

Setelah alkohol dibersihkan dari sistem, ada 'rebound' dari fase tidur yang ditekan yang mengarah ke peningkatan tidur REM serta lebih banyak bangun dan tidur yang lebih ringan. Hal ini dapat menyebabkan mimpi yang lebih aneh dan intens. Jika Anda pernah bangun dengan perasaan lelah setelah minum terlalu banyak, ini mungkin alasannya.

Kafein juga dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak. Sementara secangkir kopi dapat membuat Anda merasa lebih waspada dalam jangka pendek, itu dapat meningkatkan kadar kortisol dan adrenalin dalam tubuh yang kemudian dapat mengganggu tidur Anda.

Plus, jika Anda sudah stres, kadar hormon ini akan meningkat, jadi sering disarankan untuk mencoba membatasi asupan kafein saat Anda merasa stres atau cemas. Bagaimana tubuh Anda merespons kafein sangat individual - beberapa orang dapat minum kopi sepanjang hari dan masih akan tidur nyenyak.

Orang lain dapat menikmati secangkir kopi dan merasa sangat waspada selama berjam-jam. Sebagai aturan praktis, kami sarankan untuk menghindari minum minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur jika Anda sudah merasa sulit untuk tidur.

BACA JUGA:Torehkan Sejarah! Gol Sliding Tekel Jarak Jauh Bikin Juara

4. Matikan lampu dan singkirkan HP

Cahaya bisa menjadi pengganggu besar saat tidur. Sinyal kunci yang memberi tahu tubuh untuk mulai bersiap tidur adalah hormon melatonin.

Hormon tersebut secara alami dilepaskan sebagai respons terhadap penurunan tingkat cahaya di malam hari.

Akan tetapi, di dunia modern, kita menerangi malam dengan pencahayaan buatan seperti menyalakan layar HP atau TV.

BACA JUGA:Yang Mau Daftar PPPK Tenaga Teknis 2022, ini 30 Jabatan yang Bisa Dilamar

Jadi itu malah dapat membingungkan tubuh dan mengganggu produksi melatonin yang normal.

Di malam hari, ini dapat membantu meredupkan lampu dan membuat ruangan lebih gelap karena ini akan membantu otak Anda memberi sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: 4 Tips Hilangkan Stres Sebelum Tidur, Salah Satunya Segera Matikan Lampu Kamar!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: