Tiba di Madinah, Begini Reaksi Jemaah Calon Haji Penumpang Pesawat Garuda Indonesia yang Terbakar

Tiba di Madinah, Begini Reaksi Jemaah Calon Haji Penumpang Pesawat Garuda Indonesia yang Terbakar

Tiba di Madinah, Begini Reaksi Jemaah Calon Haji Penumpang Pesawat Garuda Indonesia yang Terbakar-Dokumen-Media Center Haji

BACA JUGA:Info Haji 2024, Ini Pengakuan Mbah Rupiah JCH Asal Jawa Timur, Belum Naik Pesawat Tapi Sudah Sampai di Madinah

Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jemaah calon haji Kelompok Terbang (Kloter) 5 embarkasi Makassar (UPG-05) itu putar balik ke landasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin setelah sempat setelah mengalami kerusakan salah satu mesin.

Atas insiden ini, Kemenag RI sangat menyayangkan kejadian itu dan meminta pihak Garuda Indonesia professional.

Diketahui Pesawat Garuda Indonesia dengan kode GIA 1105, terbang pada Rabu, 15 Mei 2024 sekitar pukul 15.30 WITA. 

Setelah berputar putar di udara, pesawat itu akhirnya mendarat kembali di Bandara Sultan Hasanuddin sekitar pukul 17.15 WITA.

BACA JUGA:Heboh AC Pesawat Super Air Jet Mati Saat Take Off Palembang- Jakarta: Penumpang Minta Turun

Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie menyatakan, pihak Garuda Indonesia sudah menyampaikan permohonan maaf.

Hasbie mengaku sangat menghargai permintaan maaf disampaikan pihak Garuda Indonesia, namun dirinya sangat menyayangkan insiden pesawat Garuda Indonesia terbakar itu bisa terjadi.

“Garuda Indonesia harus profesional karena ini berkaitan dengan keselamatan penerbangan jemaah. Kita minta kejadian seperti ini tidak terulang,” tegas Hasbie dikutip dari media center haji, Kamis, 16 Mei 2024. 

Sebelumnya, Kemenag RI menggelar rapat koordinasi untuk memberikan respons cepat atas masalah penerbangan di Makassar dan dampak yang ditimbulkan.

BACA JUGA:Info Haji 2024, Ini Pesan Dubes RI- Arab Saudi untuk Para Jamaah

Hasbie menjelaskan, seluruh jemaah calon haji yang ada dalam Pesawat Garuda Indonesia yang terbakar di udara dievakuasi menuju Asrama Haji Embarkasi Sudiang Makassar setelah selesai mendarat.

Rabu, 15 Mei 2024 malam seluruh jemaah calon haji sudah berada di Aula Asrama Haji untuk beristirahat dan menunggu jadwal penerbangan.

Hasbie menambahkan, berdasarkan hasil diskusi pihaknya, Garuda Indonesia berjanji akan memberangkatkan kembali jemaah calon haji UPG-05 pada pukul 21.00 WITA menuju Madinah. 

Pesawat ini awalnya disiapkan untuk memberangkatkan UPG-06 yang baru akan terbang Kamis, 16 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: