Dahsyatnya Erupsi Gunung Ruang di Sulut Sempat Berpotensi Tsunami, Begini Imbauan PVMBG

Dahsyatnya Erupsi Gunung Ruang di Sulut Sempat Berpotensi Tsunami, Begini Imbauan PVMBG

Erupsi gunung ruang di Sulut.--Instagram @fakta.indo

BACA JUGA:INFO LOWONGAN KERJA: Store Elzatta Lubuk Linggau Terima Pegawai Baru, Cek Syarat dan Ketentuannya

Ratusan warga yang ada di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah diarahkan untuk mengungsi ke pesisir timur Pulau Tagulandang yang dinilai lebih aman.

Sementara itu, dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengumumkan akan potensi gelommbang tinggi di beberapa wilayah pesisir akibat dari erupsi Gunung Ruang.

"Waspada gelombang tinggi dampak erupsi Gunung Ruang bagi masyarakat di wilayah pantai Pulau Tagulandang, Biaro, Pulau Siau, dan Pantai Minahasa Utara," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Selain itu,  Daryono menyebut salah satu yang menyebabkan erupsi ini terjadi karena munculnya penngkatan gelombang tinggi yang berpotensi tsunami.

BACA JUGA:Distransnaker Empat Lawang Rutin Lakukan Pengawasan dan Pembinaan Ketenagakerjaan Perusahaan

"(Potensi tsunami) utamanya terjadi fenomena flank collapse atau runtuhnya sebagian atau keseluruhan badan gunung," kata Daryono.

Namun, potensi terjadinya tsunami ini juga akibat dari erupsi yang bisa terjadi karena kontak magma dengan air laut atau kontak awan panas dengan muka air laut.

Menurut informasi, berdasarkan catatan sejarah, aktivitas dari Gunung Ruang juga pernah menyebabkan terjadinya tsunami setinggi 25 meter pada 1871 silam. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: