Luar Biasa, Begini 5 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan yang Kamu Tidak Tahu, Dapat Atasi ini

Luar Biasa, Begini 5 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan yang Kamu Tidak Tahu, Dapat Atasi ini

Luar Biasa, Begini 5 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan yang Kamu Tidak Tahu, Dapat Atasi ini--freepik

BACA JUGA:Wadaw, Detik-detik Menegangkan Duel Polisi VS Pria dengan Golok di Riau, Begini Penyebab dan Endingnya

Selanjutnya, berdasarkan sebuah uji klinis menyatakan bahwa mengkonsumsi cincau dapat menjaga kadar gula darah, hal ini dikarenakan sifat antioksidan yang dimiliki cincau.

Antioksidan dapat mencegah stress oksidatif yang diketahui sebagai salah satu pemicu penyakit diabetes mellitus.

Sementara, serat yang terkandung dalam cincau juga berperan dalam menjaga keseimbangna kadar gula darah. Serta tidak dapat dipecah dan diserap oleh tubuh, sehingga konsumsinya tidak memicu lonjakan gula darah.

3. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

BACA JUGA:Heboh, Bensin Bercampur Air di SPBU Bekasi, Kok Bisa, Begini Kejadiannya

Cincau mengandung serat dan klorofil yang bermanfaat untuk mencegah hiperlipidemia. Kondisi ini ditandai dengan tingginya lemak jahat dalam darah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit di pembuluh darah dan jantung seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

4. Memelihara kesehatan lambung

Tahukah kamu, berbagai macam kandungan senyawa bioaktif dan mineral dalam cincau, seperti flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid yang bermanfaat dalam mencegah dinding lambung dari kerusakan, misalnya akibat meningkatnya asam lambung.

5. Menyembuhkan diare

BACA JUGA:Berikut ini 5 Penyebab Motor Susah Distarter, Apa Saja Yah? Yuk Simak

Selanjutnya cincau juga dipercaya dapat menyembuhkan diare, senyawa bioaktif dalam cincau juga mempercepat penyembuhan diare. Pada dosis tertentu, ekstrak daun cincau juga memiliki kemampuan menyembuhkan diare yang setara dengan lopermide atau obat diare.

Penelitian cincau sebagai obat diare tersebut baru dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

Nah, itulah manfaat dari cincau bagi kesehatan yang sangat luar biasa. Jangan lupa untuk mendapatkan manfaatnya pastikan anda mengkonsumsi cincau yang diproses dengan bersih dan tanpa tambahan kimia maupun pemanis buatan. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: