Salat Tarawih Bagi Perempuan Muslim Mana yang Lebih Baik, di Masjid atau Rumah

Salat Tarawih Bagi Perempuan Muslim Mana yang Lebih Baik, di Masjid atau Rumah

Selain berpuasa di bulan Ramadan, seorang muslim akan menjalankan ibadah salat tarawih. Lalu bagaimana salat tarawih ini bagi seorang perempuan muslim dan mana-Ilustrasi-Freepik com

LINGGAUPOS.CO.ID – Bagi seorang muslim bulan suci Ramadan inilah merupakan momentum yang pas untuk bertaubat dan mengerjakan segala ibadah agar mendapatkan ampunan dan pahala dari Allah SWT.

Selain berpuasa di bulan Ramadan, seorang muslim akan menjalankan ibadah salat tarawih.

Lalu bagaimana salat tarawih ini bagi seorang perempuan muslim dan mana yang lebih baik salat di masjid atau rumah?

Yuk disimak informasi lengkap dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman resmi muslimah pada Kamis, 14 Maret 2024.

BACA JUGA:Sepele Tapi Penting, Begini Tata Cara Berpuasa di Bulan Ramadan yang Benar: Dari Sahur Hingga Berbuka

Secara umum, shalat bagi wanita lebih utama dilakukan di rumah. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Shalatnya seorang wanita di kamarnya lebih utama daripada shalatnya di ruang tengah rumahnya. Dan shalatnya seorang wanita di ruangan kecil di dalam kamarnya lebih utama dari shalatnya di kamarnya” (HR. Abu Daud no. 570, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

Kemudian dalam hadits Ummu Humaid radhiallahu’anha, beliau berkata: “Wahai Rasulullah, saya ingin shalat bersama anda.”

Maka Nabi menjawab: “Aku sudah tahu bahwa engkau ingin shalat bersamaku, namun shalatmu di kamar tempatmu tidur lebih baik daripada salat mu di kamar mu.

BACA JUGA:Cara Mengerjakan Salat Tarawih Sendiri di Rumah, Begini Niat dan Panduannya Lengkap

Shalatmu di kamarmu lebih baik daripada shalatmu di ruang tengah rumahmu. Shalatmu di ruang tengah rumahmu lebih baik daripada shalatmu di masjid kampungmu.

Dan shalatmu di masjid kampungmu, lebih baik daripada salat kamu di masjidku ini. Ummu Humaid lalu meminta untuk dibangunkan tempat shalat di pojok kamarnya yang paling gelap.

Dan biasa melakukan shalat di sana hingga berjumpa dengan Allah ‘Azza wa Jalla (yaitu hingga beliau wafat)” (HR. Ibnu Hibban no. 2217, Ibnu Khuzaimah no. 1689, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Khuzaimah).

Walaupun dianjurkan untuk shalat di rumah, wanita Muslimah tetap dibolehkan untuk shalat di masjid. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: