Sepele Tapi Penting, Begini Tata Cara Berpuasa di Bulan Ramadan yang Benar: Dari Sahur Hingga Berbuka

Sepele Tapi Penting, Begini Tata Cara Berpuasa di Bulan Ramadan yang Benar: Dari Sahur Hingga Berbuka

Sepele Tapi Penting, Begini Tata Cara Berpuasa di Bulan Ramadan yang Benar: Dari Sahur Hingga Berbuka--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui begini tata cara berpuasa di bulan Ramadan yang benar, dari sahur hingga berbuka. Sepele tapi penting untuk menyempurnakan. Simak berikut ulasannya.

Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadan, salah satu hal yang perlu diperhatikan ialah tata cara berpuasa di bulan Ramadan.

Tentunya dimulai dari niat, sahur dan lain-lainnya yang perlu diperhatikan guna menyempurnahkan ibadah puasa dibulan yang suci ini.

Salah satunya adalah niat puasa yang menjadi aspek penting dalam menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim.

BACA JUGA:Sudah 2 Hari Hanyut, Warga Embacang Muratara Belum Berhasil Ditemukan

Baik itu puasa wajib seperti puasa Ramadan ini, puasa qadha, atau puasa nadzar, maupun puasa sunnah, niat harus disertakan sebagai bagian dari ibadah tersebut.

Selain itu, niat puasa wajib harus dilakukan di malam hari sebelum terbit fajar, sebagaimana disarankan dalam Mazhab Syafi’i

Sementara dalam Mazhab Maliki, cukup dengan berniat puasa sebulan penuh pada malam pertama Ramadan, tanpa perlu memperbarui niat di setiap harinya.

Langsung saja berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari berbagai sumber, tata cara untuk berpuasa di bulan Ramadan.

BACA JUGA:6 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran, Apa Saja Yah, Yuk Simak

Tata Cara Puasa Ramadan

1. Melafalkan doa

Pertama untuk memulai berpuasa pada keesokan hari maka jangan lupakan untuk membaca niat puasa. Niat puasa ini dapat dilakukan pada malam hari atau pada saat melaksanakan sahur sebelum memasuki waktu subuh.

Berikut bacaan arab latin niat puasa Ramadan: “Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: