Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya

Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya

Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya--Pixabay.com

BACA JUGA:Keutamaan Melaksanakan Puasa Nisfu Syaban 2024, Balasannya: Pahala Ibadah 70 Tahun

Bagi masyarakat setempat, mani Nisfu Syaban dilakukan untuk membersihkan diri agar suci dalam mempersiapkan diri memasuki malam Nisfu Syaban.

2. Masyarakat Betawi

Dalam merayakan malam nisfu syaban masyarakat Betawi selain berdoa bersama di masjid, mereka juga memiliki tradisi lain untuk merayakan malam tersebut.

Tradisi itu adalah rumah, yakni sebuah tradisi yang mengundang anggota keluarga besar untuk berkumpul dan menggelar doa bersama bagi kerabat atau keluarga yang telah meninggal.

BACA JUGA:Jadwal Puasa Nisfu Syaban 2024 Beserta Niat, Keutamaannya dan Anjuran Melaksanakan, Yuk Disimak

3. Masyarakat Madura

Dalam tradisi masyarakat di Madura, malam nisfu syaban dirayakan dengan tradisi rebha. Sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat lokal dengan membawa sejumlah jenis makanan yang dibawa ke dalam masjid untuk didoakan dan dinikmati bersama-sama.

Selain itu, tradisi ini juga diyakini dapat memberikan berkah dan menambah tali silaturahmi dengan para sanak saudara dan juga tetangga.

4. Masyarakat Balangan

BACA JUGA:Sejarah Awal Mula Adanya Peringatan Malam Nisfu Syaban Malam Penuh Kemuliaan, Terjadi Perdebatan

Ketiga, ada masyarakat Balangan, tradisi merayakan malam nisfu syaban juga dilakukan oleh masyarakat Balangan, Kalimantan Selatan.

Tradisi tersebut serupa di Madura, pada malam Nisfu Syaban, masyarakat Balangan akan membawa hidangan makanan ke masjid ketika salat Magrib berjamaah.

Kemudian setiap orang yang datang akan membawa berbagai porsi makanan yang dimasak sendiri ataupun beli. Nantinya, sebelum salat berjamaah dilakukan, makanan tersebut akan dikumpulkan. 

Selanjutnya salat Magrib pada malam Nisfu Syaban akan dilanjutkan dengan acara doa bersama, kemudian makan bersama, dan ditutup dengan bergotong royong membersihkan masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: