Keutamaan Melaksanakan Puasa Nisfu Syaban 2024, Balasannya: Pahala Ibadah 70 Tahun

Keutamaan Melaksanakan  Puasa Nisfu Syaban 2024, Balasannya: Pahala Ibadah 70 Tahun

keutamaan Melaksanakan Puasa Nisfu Syaban 2024, Balasannya: Pahala Ibadah 70 Tahun--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui keutamaan melaksanakan puasa Nisfu Syaban 2024, sayang untuk dilewatkan, balasannya berupa pahala yang luar biasa.

Sebelum memasuki bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, terlebih dahulu kita akan memasuki bulan Syaban.

memasuki bulan Syaban menjadi pengingat umat muslim di seluruh dunia bahwa tak lama lagi kita akan menyambut bulan Ramadan.

Lantas, bulan Syaban kita kenal dengan yang namanya puasa Nisfu Syaban. Nisfu Syaban merupakan puasa yang dikerjakan pada tanggal 15 bulan Syaban dalam penanggalan Hijriah. 

BACA JUGA:Malam Nisfu Syaban 2024 Sebentar Lagi, Ketahui 3 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan, Berlimpah Keampunan

Nah, syaban sendiri diambil dari kata Nisfu yang berasal dari bahasa Arab yang berarti setengah. Sedangkan, Syaban sendiri merupakan nama bulan dalam penanggalan Islam.

Seperti yang diketahui, Berdasarkan pada kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kemenag RI, bahwa puasa Nisfu Syaban bertepatan dengan hari Minggu, 25 Februari 2024.

Puasa Nisfu Syaban juga salah satu puasa sunah yang memiliki banyak keutamaan sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah, bahwa Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk berpuasa di siang hari pada Nisfu Syaban.  Rasulullah SAW Bersabda dinukil dari riwayat Ali bin Abi Thalib yang berbunyi.

BACA JUGA:Malam Nisfu Syaban Penuh Kemuliaan, Begini Kisah Bersejarah yang Terjadi Pada Malam Itu

Artinya: “Nabi SAW bersabda, 'Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka salatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman:

'Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rezeki, maka akan kuberikan rezeki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar'." (HR Imam Ibnu Majah)

Maka dari itu, momen nisfu syaban sebaiknya dapat diisi dengan berpuasa sunnah. Lantas apa saja keutamaan puasa Nisfu Syaban. Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda mengutip dari berbagai sumber, dibawah ini.

Keutamaan Puasa Nisfu Syaban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: