Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya

Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya

Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui ada bermacam  tradisi di berbagai daerah di Indonesia dalam merayakan malam Nisfu Syaban, yuk intip apa saja.

Bagi umat muslim malam nisfu syaban merupakan malam yang mulia, sebab pada malam tersebut dipercaya menjadi waktu amalan manusia dilaporkan kepada Allah SWT.

Malam Nisfu Syaban sendiri berbeda setiap tahunnya dalam penanggalan Masehi. Hal ini karena perbedaan penanggalan kalender Hijriah dengan kalender Masehi yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalender Hijriah didasarkan pada perhitungan Bulan sementara kalender Masehi didasarkan pada perhitungan Matahari.

BACA JUGA:Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban 2024 Lengkap Beserta Artinya, Malam Penuh Kemuliaan, Yuk Disimak

Lantas, dalam kalender Hijriah, Nisfu Syaban selalu jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 H, tepat pertengahan bulan Syaban. Maka, jika dikonversi ke kalender Masehi tahun ini Nisfu Syaban bertepatan dengan tanggal 25 Februari 2024.

Dengan demikian malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban 1445 H malam atau bertepatan dengan Sabtu, 24 Februari 2024 malam.

Nah, di Indonesia sendiri yang dikenal sebagai penganut islam terbesar di seluruh dunia, memiliki berbagai tradisi keagamaan, salah satunya tradisi dalam merayakan malam nisfu syaban ini.

Lantas seperti apa saja tradisi yang dilakukan masyarakat di berbagai daerah Indonesia dalam merayakan malam nisfu syaban, berikut ada beberapa daerah dengan tradisi tersebut, mengutip berbagai sumber, selengkapnya dibawah ini.

BACA JUGA:Hukum Merayakan Malam Nisfu Syaban, Begini Penjelasannya

Tradisi Masyarakat Indonesia Malam Nisfu Syaban 

1. Masyarakat Sumbawa 

Pertama ada masyarakat Sumbawa, dalam merayakan malam nisfu syaban masyarakat Sumbawa melakukan mani Nisfu Syaban.

Nah, dalam tradisi tersebut, masyarakat Sumbawa akan mandi ke sungai pada sore hari menjelang Magrib sebelum memasuki malam Nisfu Syaban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: