Ketahui Ini 10 Manfaat Tahu dan Tempe bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Disimak

Ketahui Ini 10 Manfaat Tahu dan Tempe bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Disimak

Manfaat tahu dan tempe untuk kesehatan--Frepik.com

BACA JUGA:Waspada! Riset: Keseringan Ngupil Tingkatkan Risiko Demensia dan Alzheimer

Sebuah penelitian telah menemukan hubungan antara isoflavon yang ada dalam tempe dan tahu dengan penurunan risiko diabetes. 

Tak hanya itu, wanita pascamenopause dengan sindrom metabolik (suatu kondisi yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2) juga mengalami peningkatan kadar gula darah puasa, kadar insulin, dan sensitivitas insulin setelah mengkonsumsi suplemen isoflavon setiap hari. 

4. Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan adalah senyawa kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel. Antioksidan ini berasal dari isoflavon kedelai, bahan dasar tempe dan tahu. 

BACA JUGA: Ragam Manfaat Tidur Siang Ibu Hamil, Baik Juga untuk Janin, Cek 5 Fakta Berikut

Yang menarik, dibandingkan dengan yang ditemukan dalam kedelai, isoflavon dalam tempe lebih efektif untuk menghilangkan radikal bebas.

5. Membantu Melawan Sel Kanker

Sebuah penelitian di Kota Detroit, Michigan, prevalensi kanker payudara dan prostat secara signifikan lebih tinggi di Amerika Serikat dan banyak negara Eropa dibandingkan dengan Jepang dan China. 

Meskipun tidak jelas mengapa hal ini terjadi, sang peneliti mencatat bahwa banyak negara Asia mengkonsumsi produk kedelai dalam jumlah yang lebih tinggi, seperti tempe dan tahu, yang kemungkinan besar berperan di sana.

BACA JUGA:6 Penyakit Akibat Sering Marah, Berbahaya Sekali, Kesehatan Dapat Terancam

6. Memperkuat Tulang

Tempe dan tahu mengandung nutrisi pembentuk tulang. Faktanya, setiap porsi tempe mengandung fosfor, kalsium, mangan, dan tembaga dalam jumlah yang baik, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang. 

Riset membuktikan bahwa isoflavon tersebut dapat mengurangi penyerapan tulang dan meningkatkan modeling sel tulang baru. Dengan demikian, hal itu dapat mencegah osteoporosis.

7. Menunjang Fungsi Otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: